4 Penumpang Helikopter Mendarat Darurat di Gunung Kerinci Berhasil Dievakuasi!

4 Penumpang Helikopter Mendarat Darurat di Gunung Kerinci Berhasil Dievakuasi!

Polri Evakuasi rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dalam tragedi Helikopter mendarat darurat di Bukit Tamia, Kerinci.-Dok Humas Polri-

JAMBI, DISWAY.ID-- Tim gabungan dari Basarnas, TNI dan Polri berhasil mengevakuasi 4 orang penumpang helikopter yang mendarat darurat di Hutan Kerinci pada Minggu, Selasa 21 Februari 2023 lalu. 

"Sore ini kita update proses evakuasi rombongan bapak Kapolda Jambi, kami sampaikan evakuasi telah berhasil mengevakuasi 4 korban," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Selasa, 21 Februari 2023.

Jenderal bintang satu itu mengungkapkan proses evakuasi penumpang helikopter yang mengangkut Kapolda Jambi itu dilakukan secara dua tahap. 

BACA JUGA:Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci Pakai 4 Helikopter, Fokus Utama 4 Korban

"Yang pertama pukul 14.27 di mana tim dengan menggunakan heli milik Polri telah berhasil mengevakuasi 2 korban yang pertama adalah, Copilot AKP Amos Sitompul, kedua ADC Kapolda Briptu Aditya," lanjut dia. 

Dia menjelaskan untuk proses evakuasi tahap kedua dilakukan pada pukul 15.00 waktu setempat. 

"Kedua pada pukul 15.00 dengan menggunakan helikopter milik polri telah berhasil mengevakuasi 2 korban lagi yaitu Dirkrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudhistira, kemudian Dirpolair Polda Jambi, Kombes Pol Michael Mumbunan," ujar dia. 

Kendati demikian, ia mengatakan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono hingga saat ini belum dievakuasi. Sebab, kata Ramadhan, Irjen Rusdi memerintahkan agar mengevakuasi anggotanya terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Kadiv Hubinter Polri: Dosen UII Rafie Sudah 8 Kali Bolak-balik ke AS dalam Beberapa Tahun

"Perlu saya sampaikan bahwa Kapolda Jambi mengutamakan anak buahnya dulu atau anggota yang dievakuasi. Jadi beliau lebih mendahulukan anggotanya dulu baru nanti beliau dan sisanya. jadi sisa 4 lagi," ungkapnya. 

Ramadhan mengungkapkan metode penyelamatan menggunakan metode hoist. 

"Kondisi prioritas terhadap beliau (Kapolda Jambi) dan yg lainnya juga tentu harus dgn penanganan khusus karena ini menggunakan metode Hoist. Jadi jgn sampe menghambat, jadi beliau mengutamakan anak buahnya dulu," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: