Kadiv Hubinter Polri: Dosen UII Rafie Sudah 8 Kali Bolak-balik ke AS dalam Beberapa Tahun

Kadiv Hubinter Polri: Dosen UII Rafie Sudah 8 Kali Bolak-balik ke AS dalam Beberapa Tahun

20 WNI korban TPPO di Myanmar jalani pemeriksaan, di mana Krishna Murti mengungkapkan bahwa bisa jadi ada yang pelaku.-Instagram-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah menelusuri jejak dari Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama. 

Dari hasil penelusuran tersebut ditemukan jika Rafie ternyata sudah delapan kali berkunjung ke Boston.

"Kita punya list keluar masuk yang bersangkutan ke Amerika selama beberapa tahun terakhir, kurang lebih delapan kali kita dapatnya. PhD-nya juga kan di Amerika," jelas Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti kepada awak media, Selasa, 21 Februari 2023.

BACA JUGA:Hubinter Polri Temukan Nomor Amerika Dosen UII yang Dikabarkan Hilang, Tapi tak Nyala

Ia menyebut ada bukti elektronik yang bersangkutan memesan pesawat Istanbul-Boston sebelum berangkat dari Jakarta.

Berdasarkan data dari United States Customs and Border Protection (US CBP), Ahmad dideteksi masuk ke Boston pada 13 Februari. Khrisna mengatakan Ahmad kini masih dideteksi berada di Boston.

"Sementara kita menganggap beliau merubah rute perjalanan dengan rutenya adalah Boston Amerika, dengan kepentingan yang kita tidak tahu. Tapi sampai nanti ada bukti-bukti lain, petunjuk-petunjuk lain tentunya akan kita dalami," kata dia.

Krishna memastikan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasif Rafie Pratama (AMRP) masih berada di Boston, Amerika Serikat.

"Terakhir masih di Boston belum keluar Amerika," kata Krishna. 

BACA JUGA:Remaja di Wilayahnya Tawuran, Wali Kota Tangsel Prihatin

Sebelumnya, Ahmad dilaporkan hilang selepas mengikuti rangkaian aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN), Norwegia bersama delegasi UII beranggotakan empat orang, termasuk Rektor UII Fathul Wahid.

Melansir dari laman uii.ac.id, beberapa waktu lalu, Tim UII terdiri atas empat orang, termasuk dirinya mengunjungi USN untuk mempererat kerja sama kedua universitas, dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa, melalui skema Erasmus+.

"Setelah sepekan beraktivitas di USN, sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo," kata Rektor UII, Prof. Fathul Wahid dalam keterangannya, Sabtu, 18 Februari 2023.

Ia mengaku terakhir kali bertemu Rafie di Oslo, Norwegia, pada 11 Februari 2023 malam. Setelah sepekan beraktivitas di USN, sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: