Lewat Inovasi Produk, Bridgestone Indonesia Komitmen Jalankan Program Sustainbility

Lewat Inovasi Produk, Bridgestone Indonesia Komitmen Jalankan Program Sustainbility

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) terus menjalankan komitmennya--

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) terus menjalankan komitmennya sebagai perusahaan solusi berkelanjutan, melalui program E8 Commitment.

Komitmen Bridgestone E8 merupakan langkah untuk semakin mempercepat evolusi program sustainaiblity dari Bridgtestone yang berbasis pada Energi, Ekologi, Efisiensi, Ekstensi, Ekonomi, Emosi, Kemudahan, dan Pemberdayaan.

Dari sisi teknologi produk, salah satunya Bridgestone Indonesia memperkenalkan ban Ecopia, ban ramah lingkungan yang dirancang khusus dengan teknologi low rolling resistance (LRR) yang mampu menghasilkan ban dengan hambatan gulir yang rendah. 

Ban dengan resistansi gulir rendah dirancang untuk mengurangi kehilangan energi saat ban menggelinding, sehingga akan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan dan mengurangi emisi gas karbon.

BACA JUGA:Banyak Berkontribusi, Presiden Jokowi Dinobatkan Jadi Bapak Otomotif Indonesia

Selain Ecopia, menjawab tren teknologi terkini di dunia otomotif, Bridgsteone memperkenalkan ban dengan teknologi ENLITEN yang khusus ditujukan untuk kendaraan listrik.

“Tantangan dari pengembangannya adalah bagaimana secara kualitas sama, durabilitas dan safety sama, tetapi lebih enteng. Bobot kendaraan listrik lebih berat dibanding mobil biasa Sebab itu, ban mobil listrik dibuat lebih ringan. Untuk ban teknologi Enliten sudah digunakan di Eropa. Di Indonesia kita tunggu saja tanggal mainnya,” tutur Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno.

Dengan inovasi terbaru dari Bridgestone,  ban Enliten selain dibuat menjadi lebih ringan dari ban biasa juga mampu mengasilkan hambatan gulir yang rendah, hal ini berkontribusi pada kondisi mesin saat pembakaran hingga konsumsi bahan bakar dan saat emisi CO2, dan secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik.

Selain tercermin pada teknologi produk, aksi nyata Bridgestone terhadap komitmen E8-nya tercermin melalui berbagai program tangggung jawab sosial (CSR). 

BACA JUGA:Gairahkan Industri Otomotif, Danamon Bersama Adira Finance dan MUFG Jadi Solusi Finansial di IIMS 2023

Di antaranya tercermin pada program pengelolaan sisa produksi ban atau ban bekas pakai berbasis pemberdayaan masyarakat seperti proyek sosotan, serta aksi konservasi hutan mangrove dan pemberdayaan masyarakat dengan pembinaan produk olahan makanan di sekitar Muara Gembong, Bekasi. 

Di ranah internal perusahaan, budaya dan semangat berkelanjutan diwujudkan melalui program Sutainiabilty Day dan pelatihan duta sustainibility.

“Fondasi program keberlanjutan di Bridgstone pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan. Hal tersebut saat ini sudah sejalan dengan program perusahaan dan pengembangan teknologi di Bridgestone,” kata Yunus Triyonggo  selaku HR & GA Director Bridgestone Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: