Jokowi Sesalkan 2 Juta Orang Kaya Indonesia Berobat ke Luar Negeri, Indonesia Kehilangan Devisa Rp 165 Triliun

Jokowi Sesalkan 2 Juta Orang Kaya Indonesia Berobat ke Luar Negeri, Indonesia Kehilangan Devisa Rp 165 Triliun

Presiden RI, Joko Widodo mengatakan telah menerima nama-nama calon kuat pengganti Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.-Foto/Jokowi-

Namun, Jokowi mengakui pembangunan rumah sakit berstandar tinggi bukan menjadi satu-satunya masalah. 

"Saya sudah bisikin Pak Menkes ini harus diurus. Alat kesehatan sudah, fisik rumah sakit sudah bagus tapi masih banyak yang belum bagus, itu harus diperbaiki," katanya.

Sehingga, kata Jokowi, layanan rumah sakit ke masyarakat semakin baik.

“Saya minta ke Pak Menkes dan disampaikan ke Mendikbud agar pendidikan dokter spesialis agar dibanyakin dan dimudahkan. Dengan begitu, seluruh masyarakat Indonesia yang mengalami masalah kesehatan bisa tertangani dengan baik,” lanjutnya.

BACA JUGA: Elon Musk Pilih Buka Kantor Pusat Tesla di Malaysia daripada Indonesia, Rocky Gerung : Presiden Jokowi Dihina

Keluhan Jokowi tentang hal tersebut sudah disampaikan saat berkunjung ke Kalimantan Barat pada Agustus 2022 lalu. 

Presiden mengaku sedih melihat masyarakat yang sakit, namun berobat ke luar negeri, terutama masyarakat yang sakit kemudian perginya ke Malaysia, ke Singapura, ada yang ke Jepang, bahkan ada yang berobat ke Amerika.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan saat Pemerintah Pusat mendapat permintaan dari Gubernur Kalimantan Barat untuk menyediakan alat kesehatan di RSUD Dr. Soedarso, ia langsung menyanggupinya. 

“Dana untuk buat gedung habis sekitar Rp 205 miliar, alat kesehatannya kurang lebih Rp 200-an miliar. Ini yang namanya gotong royong untuk menyelesaikan uang yang harus keluar karena tidak siapnya rumah sakit kita," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Plumpang Zona Berbahaya, Jokowi: Segera Relokasi Warga Setempat atau Pindahkan Depo Pertamina

Dengan dana ratusan miliar yang digelontorkan itu, Jokowi menyebut RSUD Dr. Soedarso memiliki 277 tempat tidur, ruang operasi, hingga ruang ICU dengan standar super modern.

"Jadi saya ingatkan gak usah lah kita keluar, di sini sudah siap dan cukup untuk menangani kasus-kasus yang ada," kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: