Penolakan Timnas Israel : PSSI Fokus Tuan Rumah FIFA World Cup U20 2023, Pemerintah Siapkan Sejumlah Jalur

Penolakan Timnas Israel : PSSI Fokus Tuan Rumah FIFA World Cup U20 2023, Pemerintah Siapkan Sejumlah Jalur

Stadion Si Jalak Harupat menjadi salah satu venue yang dipilih oleh PSSI untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023. -Dokumentasi: Kemenpora-Dokumentasi: Kemenpora

JAKARTA, DISWAY.ID-- Penolakan Timnas Israel mengikuti FIFA World Cup U20 2023 pada Mei hingga Juni mendatang di Indonesia, terus bergelombang.

Sejumlah kalangan di Indonesia menolak hadirnya timnas Israel yang lolos ke putaran Final FIFA World Cup U20 2023.di Indonesia tersebut, dengan berbagai pertimbangan.

Di antaranya, Israel dianggap melakukan pelanggaran HAM berat terhadap Palestina dan tidak adanya hubungan diplomatik dengan Indonesia.

BACA JUGA:Rp 86,5 Miliar dari FIFA Mau Dibuat PSSI Untuk Ini, Erick Thohir: Kita Dapat Berkah

Selain itu, Indonesia selama ini mendukung kemerdekaan Palestina yang terus berkonflik dengan Israel.

Dengan adanya penolakan Timnas Israel di tanah air itu, Ketua umum PSSI Erick Thohir memastikan pihaknya fokus kesuksesan Piala Dunia U-20.

Oleh karenanya, ia menginginkan olahraga dipisahkan dengan dunia politik.

"Sebagai tuan rumah, kita harus menyiapkan tentu tim manapun yang bermain. Harus kita siapkan. Kalau kita tidak melayani dengan baik tim-tim peserta dari negara manapun gimana kita bisa melakukan yang namanya Piala Dunia," ujar Erick Thohir saat peresmian Emtek Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023.

Erick berharap FIFA World Cup U20 2023 bisa sukses dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

BACA JUGA:Maskapai Malaysia dan India Segera Mengudara di Rute Penerbangan Indonesia

Pasalnya kesuksesan FIFA World Cup U20 2023 akan menjadi jalan bagi Indonesia menjadi tuan rumah gelaran akbar lainnya seperti Piala Dunia dan Olimpiade.

Khususnya untuk beberapa negara yang ada isu diplomatik kita akan melibatkan Kemenlu dan Kemenko Polhukam untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan.

"Sehingga kesempatan mimpi kita menyelenggarakan Piala Dunia sirna ataupun mimpi ingin menyelenggarakan Olimpiade sirna karena kita semua terbelenggu oleh politik bukan event olahraganya. Tentu konsekuensinya harus kita jaga baik-baik. Makanya kita kerjasama dengan banyak pihak termasuk pemerintah, Kemenlu dan Menko Polhukam," tegas Erick. 

Penolakan Timnas Israel hadir di Indonesia dalam Piala Dunia U-20 seperti dilakukan Medical Emergency Rescue Committee atau MER-C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: