Satgas Pangan Polri Pantau Stabilitas Harga Bapok Jelang Ramadhan

Satgas Pangan Polri Pantau Stabilitas Harga Bapok Jelang Ramadhan

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan (kiri), satuan tugas (Satgas) TPPO bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menangkap 829 orang tersangka tindak pidana perdagangan orang sejak periode 5 Juni hingga 19 Juli 2023.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Satgas Pangan Polri tengah mengawal stabilitas harga bahan pokok (Bapok) jelang memasuki bulan Ramadhan di 2023.

"Satgas Pangan Pusat telah membentuk tim untuk melakukan kegiatan pengecekan harga bahan pokok, terutama komoditas beras dan minyak goreng yang menjadi perhatian publik," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Maret 2023.

Polri memprediksi harga bahan pokok seperti jagung, kedelai, cabai, daging unggas, telur unggas, daging, gula, serta ikan cenderung mengalami kenaikan harga menjelang bulan Ramadan.

BACA JUGA:Honorer K2 Masuk Prioritas Pengangkatan CASN 2023 Nih! Berikut Persyaratannya

"Bahan pokok penting lainnya seperti jagung, kedelai, cabai, daging unggas, telur unggas, daging, gula, dan ikan yang cenderung mengalami kenaikan harga menjelang bulan Ramadhan," ungkap Ramadhan. 

Satgas Pangan Polri, tutur Ramadhan, bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait bersama-sama melakukan pengecekan di lapangan untuk memantau kondisi harga bahan pokok.

"Dan mengevaluasi permasalahan serta mengantisipasi kelangkaan bahan pokok di tingkat produsen, distributor, dan konsumen," ucap jenderal bintang satu itu.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan ketersediaan pasokan pangan di DKI Jakarta bakal stabil jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idul Fitri. Khususnya stok bahan pangan cabai dan bawang.

Ketersediaan cabai dan bawang ini disebut aman lantaran Menteri Pertanian telah memasok ratusan ton komoditas cabai dan bawang di Pasar Induk Kramat Jati.

BACA JUGA:Sosok Bidan Bohay Terkuak Usai Mantri Suntik Mati Kades di Serang Banten, Isu Perselingkuhan Menguat

"Hari ini Pak Mentan memasukkan pasokan kurang lebih 17 ton cabai yang berasal dari Jawa Tengah, yakni Magelang dan Temanggung, dan Jawa Barat dari Garut dan Sumedang, serta bawang merah total 175 ton masuk secara bertahap ke Pasar Induk Kramat Jati," kata dia.

Oleh karena itu dia terus memastikan agar distribusi pasokan kebutuhan bahan pokok tersebut berjalan lancar. 

"Mudah-mudahan semua terkendali, tadi pedagang menyatakan sudah stabil dan komoditas yang lain juga akan kita siapkan stok yang ada," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: