Gaji UMR Bandung 2023 Terbaru, Ada Kenaikan Sebesar 7,20 Persen

Gaji UMR Bandung 2023 Terbaru, Ada Kenaikan Sebesar 7,20 Persen

Gaji UMR Kota Bandung 2023---Pixabay

- Kabupaten Pangandaran Rp 2.018.389,00

- Kabupaten Kuningan Rp 2.010.734,30

- Kota Banjar Rp 1.998.119,05

BACA JUGA:Keren! Qatar Siap Naikkan Nilai Tawaran Baru Demi Akuisisi Manchester United, United Fans: Glazer Out, Qatar In

Sekadar informasi, UMR atau Upah Minimum Regional adalah upah yang ditetapkan oleh pemerintah setiap tahunnya sebagai penghasilan minimal yang harus diterima oleh pekerja di suatu daerah tertentu.

UMR dihitung berdasarkan tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan kondisi sosial ekonomi daerah tersebut.

UMR biasanya berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya, sesuai dengan perbedaan biaya hidup, tingkat inflasi, dan kebutuhan hidup masyarakat di daerah tersebut.

Setiap daerah memiliki UMR yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi ekonomi dan kebutuhan hidup masyarakat di daerah tersebut.

BACA JUGA:Gianni Infantino Terpilih Kembali Jadi Presiden FIFA, Erick Thohir Bilang Begini..

UMR bertujuan untuk melindungi hak-hak pekerja dan mencegah terjadinya eksploitasi tenaga kerja dengan memberikan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar pekerja.

UMR juga bertujuan untuk mendorong produktivitas dan kesejahteraan pekerja, serta meningkatkan daya beli masyarakat.

UMR diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan diawasi oleh pemerintah dan serikat pekerja.

 

Jika perusahaan melanggar ketentuan UMR, maka pekerja dapat mengajukan gugatan ke pengadilan hubungan industrial atau badan arbitrase tenaga kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait