Kemendagri Beri Penghargaan Daerah Terbaik Terapkan Standar Pelayanan Minimal

Kemendagri Beri Penghargaan Daerah Terbaik Terapkan Standar Pelayanan Minimal

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo dalam acara SPM Award 2023.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sejumlah daerah provinsi dan kota/kabupaten mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Sedangkan penyerahan penghargaan digelar melalui acara SPM Awards 2023 di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa 21 Maret 2023.

Adapun daerah penerima penghargaan, di antaranya Kategori Kota Penerapan SPM Terbaik yakni Kota Tangerang, Kota Prabumulih, dan Kota Padang.

BACA JUGA:Timnas Indonesia VS Palestina di FIFA Matchday, Erick Thohir: Tanggal 14 Juni 2023

Kemudian kategori Kabupaten Penerapan SPM Terbaik yaitu Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Bogor.

Selanjutnya kategori Provinsi Penerapan SPM Terbaik di antaranya Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengatakan, SPM Awards merupakan bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah (Pemda) berkinerja terbaik dalam menerapkan SPM. Penghargaan itu diberikan kepada tiga provinsi, tiga kabupaten, dan tiga kota.

Wempi berharap, pemberian penghargaan ini akan berdampak terhadap masyarakat dalam hal pemenuhan pelayanan dasar yang lebih baik.

Upaya ini penting dilakukan untuk memberikan kontribusi besar bagi kemajuan bangsa dan negara dalam rangka peningkatan indeks pembangunan manusia dan penurunan kemiskinan.

“Dan peningkatan derajat kesehatan serta berdampak nyata pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wempi.

BACA JUGA:Cek Syarat Ajukan KUR BCA 2023, Siapkan KTP atau SIM!

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Bangda Restuardy Daud dalam laporannya mengatakan, SPM Awards 2023 digelar untuk meningkatkan komitmen kepala daerah dalam melaksanakan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar.

“Sekaligus untuk mendorong penerapan SPM di daerah masing-masing secara optimal,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Restuardy, kegiatan ini untuk mendukung pembinaan umum dan pembinaan teknis ihwal penerapan SPM di daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: