Jangan Sembarangan, Yuk Simak Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Jangan Sembarangan, Yuk Simak Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

ilustrasi penderita diabetes-Freepik.com-

Salah satu tips puasa bagi penderita diabetes yang penting untuk diperhatikan adalah mencukupi asupan cairan tubuh. 

BACA JUGA:Tips Berkendara Selama Bulan Puasa, Perhatikan 5 Poin Ini

Selama berpuasa, Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kurang lebih dua liter sehari atau setara dengan 8 gelas air putih.

Adapun tips untuk memenuhinya adalah dengan menggunakan pola minum air putih 2-4-2 selama berpuasa, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari setelah berbuka hingga menjelang sahur, serta 2 gelas saat sahur.

Penderita diabetes juga dianjurkan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, agar terhindar dari dehidrasi saat menjalani puasa.

BACA JUGA:Asal Barang Seludupan Diungkapkan Pelaku, Dari China Hingga Amerika

7. Periksa Kadar Gula Darah secara Berkala

Penting pula bagi penderita diabetes untuk memeriksa kadar gula darah secara berkala selama berpuasa, kurang lebih 2 hingga 4 kali sehari yaitu setelah sahur, siang hari, dan setelah berbuka puasa. 

Bila kadar gula darah kurang dari 70 mg/dL atau melebihi 300 mg/dL, ada baiknya untuk segera membatalkan puasa guna mencegah risiko komplikasi hipoglikemia atau hiperglikemia.

8. Hindari Makanan Tinggi Gula

Saat lapar, tubuh cenderung ingin mengonsumsi makanan tinggi gula untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa. Hal tersebut perlu dihindari oleh penderita diabetes karena justru membuat kadar gula darah melonjak drastis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: