Jangan Sembarangan, Yuk Simak Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Jangan Sembarangan, Yuk Simak Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

ilustrasi penderita diabetes-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bagi penderita diabetes, menjalani ibadah puasa tentunya tidak boleh sembarangan. Hal tersebut tentunya perlu menjaga kadar gula darah dalam tubuh dengan memperhatikan pola makan, juga asupan nutrisi.

Hal ini dikarenakan, diabetes adalah penyakit kronis berupa tingginya kadar gula darah dalam tubuh. 

BACA JUGA:Pak Ogah Terduga Peganiaya Anggota TNI AL di Cilandak Diringkus Kepolisian

Bila kadar gula darah dalam batas normal dan tidak mengalami komplikasi tertentu, dokter akan memperkenankan penderita diabetes tipe 2 untuk menjalani puasa. 

Namun, puasa bagi penderita diabetes ini tak boleh sembarangan. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar puasa yang dijalani tetap aman dan tidak menimbulkan komplikasi. 

Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Berpuasa tentunya mengalami perubahan pola makan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. 

BACA JUGA:Pemicu Rian Mahendra Ditakuti PO Bus Lain saat Lamar Kerja, Cuma PO Kencana yang Berani: Julukan Gue...

Agar kadar gula darah tetap terjaga, dilansir dari laman Rumah Sakit Siloam, terdapat beberapa tips puasa bagi penderita diabetes yang dianjurkan, di antaranya:

1. Periksakan Diri ke Dokter

Cara berpuasa bagi penderita diabetes yang pertama adalah dengan memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan tidak mengalami komplikasi. 

Jika diperlukan, dokter juga akan menyesuaikan kembali jadwal konsumsi obat dengan perubahan pola makan penderita diabetes selama berpuasa.

BACA JUGA:Selundupan dari Luar Negeri, Tersangka Gunakan Pelabuhan Tikus

2. Pastikan Tetap Sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: