Sudah 21.901 Pemudik Menuju Pulau Sumatera, 3.500 Personel Polda Banten Menyebar

Sudah 21.901 Pemudik Menuju Pulau Sumatera, 3.500 Personel Polda Banten Menyebar

Sejumlah armada dari ASDP Indonesia Ferry siap memberikan pelayanan kepada pemudik.-ASDP Indonesia Ferry -disway.id

Adapun penyelenggaraan operasi Posko Angkutan Lebaran Tahun 2022 pada masa pandemi Covid-19 untuk ketiga kalinya mengacu kepada SE Satgas Covid-19 No.11 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri, dan Instruksi Menteri Dalam Negeri No.15 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Penyelenggaraan Posko Angkutan Lebaran di lingkungan ASDP akan berlangsung pada 22 April 2022 (H-10) hingga 10 Mei 2022 (H+7). 

Terdapat 10 cabang yang akan menjadi pantauan nasional selama Angkutan Lebaran yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, Lembar, Kayangan, Balikpapan, Bangka, Bajoe, Sibolga dan Selayar. 

Sementara 4 cabang pantauan perusahaan, Batam, Ambon, Ternate dan Bitung. 

”Kami pastikan kesiapan sarana dan prasarana akan memadai, sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa," tuturnya.

ASDP terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry agar mengatur waktu perjalanan sebaik-baiknya dengan melakukan reservasi tiket online melalui Ferizy, khususnya di 4 pelabuhan utama Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

ASDP juga telah menyiapkan contigency plan khususnya penanganan kondisi darurat apabila terjadi cuaca ekstrim, kebakaran, huru-hara/demonstrasi. 

”Termasuk juga apabila terjadi kendala pada sistem online ticketing, serta kerusakan pada kapal dan dermaga,” jelasnya. 

Sementara itu, penyeberangan berjalan lancar. Selama ini, arus mudik Lebaran melalui Pelabuhan Merak relatif normal dan belum terlihat lonjakan.

Diprediksikan puncak arus mudik akan terjadi H-3 atau Jumat 29 April 2022 karena para pekerja sudah menerima tunjangan hari raya (THR).

Mayoritas pemudik berasal dari pulau Jawa, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Tangerang, Bekasi, Solo hingga Jogyakarta untuk merayakan Lebaran di kampung halaman di Pulau Sumatera.

Sementara itu, Polda Banten telah menebar 3.500 personil guna pengamanan Lebaran tahun ini.  "Kami siagakan untuk membantu kelancaran, keamanan dan kenyamanan pemudik,” terang Wakapolda Banten Brigadir Jenderal Pol Ery Nursatari. 

Polda Banten fokus pengamanan dan terus berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman. 

”Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar. Pengamanan lebaran disiagakan 3.500 personil, dibantu TNI. Menyebar di di Stasiun Kereta Api, Pelabuhan Merak hingga Terminal,” singkatnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: