Anggaran Terbatas, Dishub DKI Tidak Tambah Kuota Mudik Tahun Ini

Anggaran Terbatas, Dishub DKI Tidak Tambah Kuota Mudik Tahun Ini

Menyambut lebaran Idul Fitri 1444 pada tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar mudik gratis 2023. -kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menutup pendaftaran mudik gratis 2023 sejak beberapa hari yang lalu dengan kuota 19.280 penumpang. 

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya tidak akan lagi menambah peserta Mudik Gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta tahun ini karena terbatasnya anggaran untuk Mudik Gratis DKI Jakarta.

"Tidak ada tambahan kuota karena anggaran kita adanya segitu, Rp13 miliar tahun ini," ujar Syafrin dalam keterangannya, Selasa, 28 Maret 2023.

BACA JUGA:Cegah Lonjakan Covid-19, Dinkes DKI Jakarta Minta Masyarakat Tak Adakan Buka Puasa Bersama

Syafrin mengatakan untuk Mudik Gratis 2023 telah menyediakan anggaran sebesar Rp13 miliar untuk kuota 19.280 pemudik. 

Syafrin mengaku kaget sebab baru sehari dibuka kuota tersebut penuh oleh calon pemudik ke berbagai daerah.

"Total anggaran Rp13 miliar. 19.280 cepet banget loh penuhnya," ucapnya.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan verifikasi data dalam sepekan terakhir. Pendaftaran mudik gratis akan dibuka kembali apabila terdapat kuota kosong setelah proses verifikasi.

"Dalam seminggu ini akan dilakukan verifikasi data yang mendaftar itu kan secara online, kita verifikasi data hasilnya nanti jika ternyata ada yang nggak sesuai itu otomatis kosong," jelasnya. 

BACA JUGA:Benda Mati

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menyelenggarakan Program Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2023 dengan tujuan ke 19 Kota/Kabupaten di Indonesia. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pada tahun ini, pihaknya bakal menyiapkan kuota yang mencapai 19.280 penumpang.

“Mudik gratis ini, kami menargetkan yang akan diangkut sekitar 19.280 penumpang, dengan mengerahkan 482 bus dua arah mudik, dan balik juga 690 unit motor dengan diangkut 23 truk,” jelas Syafrin dalam keterangannya, Senin, 20 Maret 2023.

Syafrin mengtaakan keberangkatan mudik gratis yang difasilitasi Pemprov DKI Jakarta ini dilaksanakan pada waktu yang berbeda-beda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: