Sering Lemas saat Puasa Ramadan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Sering Lemas saat Puasa Ramadan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Cara hilangkan rasa lemas saat puasa--Pixabay/Shlomaster

JAKARTA, DISWAY.ID - Seseorang terkadang akan merasa lemas saat berpuasa di bulan Ramadan. Hal itu tentu akan menghambat produktivitas harian anda.

Kondisi ini diketahui karena seseorang harus adaptasi karena kadar gula di dalam tubuhnya mengalami penurunan sehingga membuat tubuh lemas.

Namun jangan khawatir, berikut adalah 5 tips agar tubuh anda tetap kuat saat menjalani puasa Ramadan.

BACA JUGA:Tarif Tol Digratiskan jika Terjadi Macet 1 Km Lebih saat Mudik Lebaran, Kemenhub: Itu Ada Prosedurnya

1. Pola Tidur

Pola tidur yang baik menjadi salah satu kunci utama agar tidak lemas saat puasa. Oleh karena itu, hindari begadang dan tidurlah tidak kurang dari 4 jam setiap malamnya.

Supaya tidur lebih nyenyak, buatlah suasana tidur menjadi lebih nyaman, seperti meredupkan lampu dan atur suhu kamar tetap sejuk.

BACA JUGA:5.063 Unit Kendaraan Menyebrang ke Pulau Sumatera via Pelabuhan Merak

2. Perhatikan Pola Makan

Pastikan setiap makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa mengandung nutrisi seimbang, termasuk karbohidrat kompleks, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang akan menjaga dan memperkuat imunitas tubuh serta mengatasi lelah saat puasa. Beberapa jenis makanan yang bisa kamu pilih adalah daging, gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan tahu.

BACA JUGA:Angkutan Lebaran 2022, Ini Pesan Menhub ke Pengelola Bandara Soetta Hingga Maskapai

3. Kebutuhan Cairan Tubuh

Tubuh yang terhidrasi tentunya akan membuatmu lebih fit dan berenergi selama puasa. Jadi, cukupilah kebutuhan minum air mineral kurang lebih sebanyak 2–3 liter atau 8 gelas setiap harinya.

Sumber: