Soal Artis 'R' dalam Kasus Rafael Alun Trisambodo, Ini Kata KPK

Soal Artis 'R' dalam Kasus Rafael Alun Trisambodo, Ini Kata KPK

KPK terus menelusuri aliran uang kasus pencucian uang mantan pejabat Pajak, Rafael Alun Trisambodo-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku belum menerima laporan dari Indonesia Audit Watch (IAW) yang menyinggung keterlibatan artis berinisial R, dalam kasus dugaan korupsi mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Sejauh ini setelah kami cek di bagian persuratan belum ada penerimaan laporan dimaksud," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Sabtu, 1 April 2023.

Ali mengatakan lembaga antirasuah tersebut sangat terbuka bagi masyarakat yang hendak membantu tugas KPK dengan melaporkan soal segala jenis dugaan korupsi. 

BACA JUGA:Uang dan Puluhan Tas Mewah di Rumah Rafael Alun Ditemukan Saat Penggeledahan KPK

"Pada prinsipnya kami tentu mengapresiasi masyarakat yang berperan dalam pemberantasan korupsi dengan cara melaporkan setiap dugaan korupsi ke pengaduan KPK dan KPK pasti akan tindaklanjuti setelahnya," ujarnya.

Sebelumnya, seorang artis laki-laki berinisial R disebut-sebut terseret dalam kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo. 

BACA JUGA:Artis R Terlibat Kasus Korupsi Rafael Alun Trisambodo Didalami KPK, Bisnisnya Tembus Triliunan Rupiah

Hal tersebut muncul setelah Iskandar Sitorus, Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW) usai datang ke kantor KPK. Iskandar Sitorus sudah menyampaikan data-data tersebut ke KPK.

"Kami sudah sampaikan ke KPK. Inisialnya orang kaya baru itu R. R tersebut laki-laki, orang kaya baru, di Jakarta tinggalnya, sangat dikenal," kata Sekretaris Pendiri Indonesia Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus. 

Iskandar mengatakan beberapa aset dari Rafael yang telah diperiksa terungkap jika ayah dari Mario Dandy itu terakses dengan orang kaya baru yang mengendalikan bisnis. 

"Modal dasarnya saja Rp 170-an miliar, lalu bisnis ini angkanya triliunan," katanya lagi.

BACA JUGA:Ditetapkan Sebagai Tersangka, KPK Duga Rafael Alun Terima Uang Gratifikasi Puluhan Miliar Selama 12 Tahun

Selain itu ayah Mario Dandy itu juga mempunyai hubungan bisnis besar lainnya. Dalam hal ini juga diduga melibatkan besan Rafael Alun.

"Rafael terkoneksi ada bisnis besar lainnya, bisnis produksi bahan bangunan, membangun hal-hal yang terkait properti. Nah itu terkait dengan besan Rafael," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: