Pemerintah Imbau Pemudik Hati-hati di Tempat Wisata: Kecelakaan Lalu Lintas Tertinggi di Tempat Wisata

Pemerintah Imbau Pemudik Hati-hati di Tempat Wisata: Kecelakaan Lalu Lintas Tertinggi di Tempat Wisata

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pemudik untuk selalu waspada saat berkendara di kawasan tempat wisata

Muhadjir mengatakan kecelakaan banyak terjadi di tempat-tempat wisata. 

"Berdasarkan laporan dari Menteri Perhubungan dan dari Bapak Kapolri, ini yang mohon nanti diwaspadai oleh para mereka yang akan mudik bahwa kecelakaan banyak terjadi di tempat-tempat wisata," kata Muhadjir dalam konferensi pers seusai rapat koordinasi terkait libur Idul Fitri 2023 di Mabes Polri, Kamis, 6 April 2023.

BACA JUGA:Mudik 2023, Polri Kerahkan 148.261 Personel, Menteri PUPR Beri Diskon 20 Persen Tarif Tol Japek

Oleh karena itu, Muhadjir menyarankan pemudik untuk sering beristirahat. Khususnya bagi pemudik yang melakukan perjalanan jauh.

"Semakin jauh perjalanan itu semakin peluang untuk terjadinya kecelakaan tinggi. Makanya disarankan supaya mereka yang melakukan perjalanan-perjalanan sangat jauh supaya sering beristirahat," katanya. 

BACA JUGA:Awas, Mudik Lewat Ruas Tol Pekanbaru - Dumai Akan Dipantau ETLE

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga mengimbau masyarakat tidak melaksanakan mudik menggunakan sepeda motor. Imbauan ini disampaikannya merujuk data Polri yang menyebut potensi kecelakaannya sangat tinggi.

"Kami mengimbau dengan segala kerendahan hati supaya seyogyanya tidak mengendarai motor, pemerintah melalui kementerian perhubungan, semua kementerian dan juga Polri menyediakan bus mudik gratis, ada juga di kapal, dan kereta api," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: