Tata Cara Menggunakan Lift yang Baik dan Benar

Tata Cara Menggunakan Lift yang Baik dan Benar

Tata cara menggunakan lift -Ilustrasi/Pixabay-

3. Masuk ke dalam lift dan tentukan tujuan

Setelah pintu terbuka, masuklah ke dalam lift. Biasanya pintu lift secara otomatis akan menutup dengan sendirinya, namun jika kamu merasa pintu tertutup terlalu lama, kamu bisa menekan tombol yang menunjukkan 2 arah panah menghadap ke dalam.

Biasanya tombol tutup pintu lift itu, bersebelahan dengan tombol dengan arah panas menghadap keluar yakni artinya membuka pintu lift. 

BACA JUGA:Pembunuh Umbar Senyum di Lift Sempat Cari Apartemen dengan CCTV Sedikit

Ingat kembali tujuanmu. Jika mau naik ke lantas atas, maka cari dan tekan tombol dengan arah ke atas. Jika hendak turun ke lantai bawah, cari dan tekan tombol dengan arah ke bawah. 

Bentuknya kotak dengan simbol segitiga yang mengarah ke atas dan ke bawah. Pencet salah satu, lalu tunggu pintu terbuka.

Namun jika berada pada lantai paling bawah maka tombol yang dimaksud hanya menyala untuk arah ke atas, demikian sebaliknya jika berada di lantai paling atas maka tombol arah hanya menyala untuk arah ke bawah. 

BACA JUGA:Kecanggihan Kamera iOS 16 Tap-and-Lift, Begini Cara Kerjanya

Sebelum itu, di sebelah kanan, kamu menemukan banyak tombol. Pertama-tama, kamu harus memencet tombol untuk menutup pintu lift. Ada satu tombol yang memiliki simbol dua buah segitiga yang sudutnya berhadapan. Nah, kamu perlu memencet tombol itu untuk menutup pintu lift.

Di dekatnya, kamu juga akan menemukan tombol yang memiliki simbol dua buah segitiga yang berlawan. 

Tombol tersebut berfungsi untuk membuka kembali pintu lift yang sudah ingin kamu tutup. Barangkali tas milikmu ketinggalan, atau ada orang lain yang ingin ikut masuk. Namun, kamu cuma bisa memencet tombol itu ketika lift belum bergerak

Setelah itu, kamu perlu memencet lantai yang menjadi tujuanmu. Ada angka-angka yang menunjukan lantai, ditambah kombinasi abjad. Penamaan lantai ini tergantung masing-masing gedung.

Jadi, kamu juga perlu mengetahui susunan gedung itu. Umumnya G adalah Ground, selain itu ada juga LG yang berarti Lower Ground. Tenang saja, biasanya setiap gedung punya penjelasan susunan gedung di area masuk. Kalau gedungnya besar, biasanya kamu bisa menemukan penjelasan susunan gedung di lobi gedung.

4. Menyesuaikan Desain Lift

Ini cuma untuk berjaga-jaga. Ada beberapa orang yang takut ketinggian dan ada beberapa gedung yang mendesain lift dengan model transparan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: