Simak, Begini Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan di hari Kamis

Simak, Begini Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan di hari Kamis

Simak bacaan niat qadha puasa Ramadhan di hari Kamis-Foto/Pixabay/mohamed_hassan-Foto/Pixabay/mohamed_hassan

JAKARTA, DISWAY.ID - Puasa Qadha Ramadhan adalah puasa yang dilakukan sebagai pengganti puasa Ramadhan yang tidak terlaksana pada tahun-tahun sebelumnya. 

Puasa ini merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah mencapai usia dewasa dan memiliki kemampuan fisik serta mental untuk melaksanakannya. 

Selain itu, puasa Qadha juga dapat dilaksanakan pada hari-hari tertentu, seperti pada hari Kamis.

Sebelum melaksanakan puasa Qadha Ramadhan di hari Kamis, seorang muslim sebaiknya membaca niat puasa terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP Terbukti Mudah

Niat puasa merupakan salah satu syarat sah dalam menjalankan ibadah puasa. Dalam Islam, niat puasa haruslah bersumber dari hati yang tulus dan dilakukan dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Qadha Ramadhan di hari Kamis:

أَشْهَدُ أَنَّ اللهَ رَبِّيْ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ بِكَ صُمْتُ غَدًا عَنْ قَضَاءِ شَهْرِ رَمَضَانَ المَاضِيِ، فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Artinya:

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah. Ya Allah, dengan-Mu aku berpuasa besok sebagai pengganti puasa pada bulan Ramadan yang lalu. Maka terimalah dari ku, wahai Yang Maha Pemurah.”

BACA JUGA:Bagaimana Cara Cegah Bau Mulut saat Puasa? Catat 4 Rahasia Ampuhnya

Niat puasa di hari Kamis memiliki keutamaan tersendiri dalam Islam. Dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, 

"Amal manusia diperlihatkan (oleh Allah) pada hari Kamis dan Jumat. Oleh karena itu, aku ingin amalku diperlihatkan ketika sedang dalam keadaan sedang berpuasa.” Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa puasa pada hari Kamis sangat dianjurkan bagi umat Islam.

Selain itu, puasa Qadha juga merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan atas keterbatasan diri manusia. Kita sebagai manusia tidaklah sempurna dan pasti melakukan kesalahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: