Urai Kepadatan Arus Mudik Lebaran, Tol Japek Dibuka Empat Jalur

Urai Kepadatan Arus Mudik Lebaran, Tol Japek Dibuka Empat Jalur

LEBAR DAN MULUS: Jasa Marga telah merampungkan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 50 sampai 66 di jalur arah timur dan 61 sampai 50 di jalur arah barat.-Foto : Jasa Marga-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah menyatakan telah merampungkan pelebaran satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dari yang sebelumnya tiga menjadi empat lajur di kedua arahnya. 

Adapun lokasi tepatnya yakni di KM 50 sampai dengan KM 66 arah Cikampek dan KM 61 sampai dengan KM 50 arah Jakarta.

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek itu diharapkan dapat memecah kepadatan yang sering terjadi di KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik Lebaran.

BACA JUGA:Daftar 10 Daerah Tujuan Favorit Mudik Lebaran 2023, Jawa Tengah Mendominasi

"Semoga ini bisa mengurai penumpukan kendaraan yang kembali dari Jawa Tengah dan Jawa Timur maupun yang dari arah Bandung dan sekitarnya," kata Budi di Jakarta, Senin 10 Maret 2023. 

"Tidak hanya di arah Jakarta, pelebaran jalan tol ini juga dilakukan di arah sebaliknya sehingga dapat mendukung arus mudik dan balik dengan lebih optimal," sambungnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek tersebut merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah yang dikerjakan oleh Jasa Marga.

"Pengerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta telah kita kerjakan dan sukses mendukung arus balik Lebaran tahun lalu," ujarnya. 

BACA JUGA:Persiapan Mudik! Cara Cek Tarif Tol 2023 Lewat Google Maps, Begini Tahapan dan Daftarnya

"Untuk tahun ini, kita lanjutkan pekerjaan pelebaran ini untuk yang ke arah Cikampek, sehingga saat ini di kedua arahnya telah memiliki total empat lajur," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyebut, pelebaran satu lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek merupakan salah satu persiapan Jasa Marga untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas saat mudik Lebaran 2023.

"Jasa Marga telah mengusulkan salah satu rekayasa lalu lintas yang diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah contraflow. Hal ini juga untuk memberikan akses bagi pengguna jalan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jalan tol Cipularang maupun sebaliknya," ungkap Subakti.

BACA JUGA:PT Jasamarga Bakal Berikan Diskon Tarif Tol Jakarta-Cikampek 20 Persen saat Mudik, Catat Tanggalnya!

Menurut Subakti, Jasa Marga telah menggelar open traffic di lokasi tersebut pada Jumat, 7 April 2023 lalu sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, yang sekaligus bertepatan dengan libur panjang Wafat Isa Al-Masih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: