Ini Tips Mudik Naik Kendaraan Pribadi, Penting: Jangan Lupa Periksa Kendaraanmu Dulu!

Ini Tips Mudik Naik Kendaraan Pribadi, Penting: Jangan Lupa Periksa Kendaraanmu Dulu!

Pemudik mau ke Sukabumi nyasar ke Gunung Putri-Ilustrasi/Boy Slamet/Disway-

2. Rencanakan rute perjalananmu terlebih dahulu dan kenali jalan yang akan kamu lewati. Ini akan membantumu mengantisipasi potensi bahaya atau tantangan, seperti jalan yang sempit atau tikungan tajam.

3. Bawa kotak P3K, air dan makanan tambahan, serta obat-obatan yang diperlukan. Kamu juga harus membawa peta, senter, dan selimut sebagai persiapan jika terjadi keadaan darurat.

4. Selalu pakai sabuk pengaman dan pastikan semua penumpang melakukan hal yang sama. Jika kamu bepergian dengan anak-anak, pastikan bahwa mereka terpasang di kursi mobil atau booster seat yang sesuai.

5. Istirahat secara teratur untuk meregangkan kaki, menggunakan toilet, dan membeli makanan atau minuman. Mengemudi jarak jauh tanpa istirahat bisa menyebabkan kelelahan, yang dapat memengaruhi kemampuan mengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA:H-7 Lebaran 2023, Kondisi Stasiun Pasar Senen Terkini Mulai Dipadati Pemudik

6. Hindari gangguan saat mengemudi, seperti mengirim pesan teks atau menggunakan ponsel. Jika kamu perlu menggunakan ponsel, berhenti di tempat yang aman terlebih dahulu.

7. patuhi semua peraturan lalu lintas dan berkendara dengan hati-hati. Selalu waspada terhadap pengemudi lain dan antisipasi tindakan mereka, serta hindari perilaku mengemudi agresif atau sembrono.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat memastikan perjalanan "mudik" yang aman dan menyenangkan menggunakan kendaraan pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: