Pilek Akut Sangat Mengganggu? Coba Redakan dengan 5 'Obat' Herbal Ini

Pilek Akut Sangat Mengganggu? Coba Redakan dengan 5 'Obat' Herbal Ini

Daftar Obat Herbal Sembuhkan Pilek-cottonbro-Pexels

JAKARTA, DISWAY.ID - Pilek akut biasanya akan sembuh dalam waktu 7-10 hari.

Namun, dalam beberapa kasus, pilek akut dapat berlangsung lebih lama dari waktu yang diharapkan dan dapat berlangsung hingga 2 minggu atau lebih. 

Hal ini tergantung pada berbagai faktor seperti kondisi kesehatan umum, sistem kekebalan tubuh, jenis virus yang menyebabkan pilek, serta lingkungan dan gaya hidup seseorang.

BACA JUGA:Cara Mengobati Bayi Pilek Dengan Mudah, Dilarang Lakukan 4 Hal Ini

Faktor-faktor seperti stres, kurang tidur, pola makan yang buruk, kurangnya olahraga, dan paparan polusi udara dapat memperburuk gejala pilek dan membuatnya berlangsung lebih lama.

Selain itu, jika pilek tidak ditangani dengan baik dan tidak diberikan perawatan yang tepat, maka hal tersebut dapat memperpanjang durasi penyakit.

Jika pilek berlangsung lebih dari 2 minggu atau gejalanya semakin parah, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Pilek biasanya disebabkan oleh virus dan gejalanya meliputi hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, dan kadang-kadang batuk.

BACA JUGA:7 Cara Mengatasi Anak yang Mudah Sakit di Musim Hujan, Batu-Pilek Paling Rentan, Mami-Papi!

Berikut beberapa obat herbal yang dapat membantu meredakan gejala pilek:

1. Jahe: Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan sakit kepala dan gejala pilek. Anda bisa menambahkan irisan jahe ke dalam teh atau makanan Anda.

2. Bawang putih: Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus, sehingga dapat membantu melawan infeksi yang menyebabkan pilek. Anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam makanan atau mengonsumsinya mentah.

4. Madu: Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, serta membantu melembapkan tenggorokan yang kering karena pilek. Anda bisa menambahkan madu ke dalam teh atau minuman hangat Anda.

BACA JUGA:Tanpa Obat-obatan, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Pilek Pada Bayi, Catat Ya Bunda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: