Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Jalan Sawit Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Kecepatan Maksimum Kendaraan 40 Km per Jam!

Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Jalan Sawit Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Kecepatan Maksimum Kendaraan  40 Km per Jam!

Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Jalan Sawit Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Keuangan & Umum PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Yhanni Haryanto memastikan, bahwa Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Jalan Sawit ini resmi dibuka pada Sabtu 15 April 2023 pukul 07.00 WIB

YIA Kulon Progo segmen Kartasura (Akses Gerbang Tol Colomadu)- Jalan Sawit sepanjang 6 kilometer akan dibuka fungsional. 

Pengoperasian fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran

BACA JUGA:Aturan Gage Ditiadakan di Jakarta Selama Libur Lebaran

Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta dibuka pada periode arus mudik mulai dari 15 April 2023 sampai 24 April 2023. 

Kemudian pada periode arus balik pada 25 April sampai 1 Mei yang pada implementasinya dioperasikan sesuai diskresi Kepolisian.

"Karakteristik jalur fungsional ini ialah berupa konstruksi rigid pavement sepanjang 3,5 Km dan lean concrete sepanjang 2,5 Km, dengan jam operasional dari jam 06.00 WIB s.d 17.00 WIB," kata Suchandra dalam keterangan tertulis, Sabtu 15 April 2023. 

Adapun kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan-kendaraan berat. 

"Untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah sebesar 40 Km/Jam," ujarnya.

BACA JUGA:Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak, Jumlah Penumpang Naik 72 Persen

Akses masuk jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta berjarak sekitar 700 meter dari gerbang Tol Colomadu, Tol Solo-Ngawi. 

Pada periode arus mudik, jika sebelumnya pengguna jalan yang menuju arah Yogyakarta harus belok kiri menuju Jalan Nasional Solo-Semarang ke arah Tugu Kartasura, kali ini pengguna jalan bisa lurus untuk masuk ke jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta melalui Flyover Ngasem di STA 0+600.

"Lalu selanjutnya pengguna jalan akan melewati jalur fungsional sepanjang 6 Km dengan waktu tempuh 3-8 menit dan keluar ke Jl. Sawit untuk menempuh perjalanan sepanjang 800 meter dan masuk kembali ke Jalan Nasional Solo-Yogyakarta," terangnya

"Dengan rute jalur fungsional ini, pengguna jalan dapat menghindari kepadatan yang kerap terjadi di Tugu Kartasura sekaligus memperpendek perjalanan dari Akses/Gerbang Tol Colomadu menuju Klaten," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: