Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak, Jumlah Penumpang Naik 72 Persen

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak, Jumlah Penumpang Naik 72 Persen

Situasi kepadatan Pelabuhan Merak di Cilegon saat ini, para pemudik mulai antre penyeberangan-ntmcpolri-

JAKARTA, DISWAY.ID - H-6 jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah Dermaga Pelabuhan Merak, Banten mulai dipadati  oleh pemudik yang akan pulang kampung menuju Pulau Sumatera.

Jumlah kendaraan yang melintas di Pelabuhan Merak meningkat 68% yakni sebanyak 26 ribu, sementara jumlah penumpang naik 72%. 

Untuk mengantisipasi kepadatan, pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memecah kendaraan dari Pelabuhan Merak ke Ciwandan, di mana kendaraan pribadi maupun truk-truk dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan sehingga keadaan di Pelabuhan Merak tidak terlalu padat.

BACA JUGA:H-7 Lebaran, ASDP Berangkatkan 908 Unit Sepeda Motor dan 438 Unit Truk Logistik dari Pelabuhan Ciwandan

Pihak ASDP mengerahkan sebanyak 29 kapal tambahan yang beroperasi di Pelabuhan Merak. Selain itu, ASDP juga meningkatkan jumlah kantong parkir di Pelabuhan Merak yang tadinya 4.500 menjadi 5.500.

Sementara itu pihak ASDP tidak melayani pembelian kapal feri secara go show (beli di tempat). Saat ini, penumpang hanya bisa membeli tiket-tiket feri melalui aplikasi maupun link-link dari ASDP. 

Tiket ini bisa dipesan mulai dari H-60 hingga H-1 keberangkatan.

BACA JUGA:Warga Mudik Diminta Lapor Kantor Polisi, Kapolri: Mudahkan Dalam Pengawasan

ASDP mencatat, sebanyak 908 unit sepeda motor dan 438 unit truk logistik diberangkatkan via Pelabuhan Ciwandan sejak pemberangkatan perdana pada Sabtu 15 April dini hari hingga siang.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan pemberangkatan dilakukan menggunakan 7 kapal dari Pulau Jawa menuju Sumatera.

"Pantauan lapangan, trafik roda dua dan truk logistik via Pelabuhan Ciwandan masih ramai mengalir. Sejak dini hari, 7 kapal yang melayani dari Ciwandan, yakni KMP. Rishel, KMP. Raja Rakata, KMP. Trimas Fadhila, KM Mutiara Ferrindo 7, KMP. Athaya, KMP. Amadea dan KMP. ALS Elvina," kata Shelvy dalam keteranga resminya, Senin 17 April 2023

BACA JUGA:H-7 Lebaran, 147.503 Kendaraan Pemudik Tinggalkan Jabodetabek, Kemenhub: Mudik dari Sekarang Sebelum Kepadatan

Sementara itu jumlah reservasi tiket kendaraan roda dua rute Ciwandan - Bakauheni dari H-7 hingga H-1 sebanyak 11.802 atau 12,17 persen. Adapun reservasi tertinggi sebanyak 3.380 unit sepeda motor atau 17,2 persen pada 20 April 2023 atau H-2.

Untuk rute Ciwandan - Panjang yang dilayani KM Dobonsolo (Pelni) pada H-3 sampai dengan H-2 dengan total 3 trip tercatat jumlah reservasi sebanyak 2.165 unit sepeda motor atau sebesar 57,73 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: