Begini Jawaban Taqabbalallahu Minna Waminkum di Hari Lebaran

Begini Jawaban Taqabbalallahu Minna Waminkum di Hari Lebaran

Ilustrasi Salat id --Freepik/rawpixel.com

JAKARTA, DISWAY.ID - Lebaran menjadi momen istimewa yang kehadirannya selalu disambut penuh suka cita bagi para umat Muslim di dunia.

Setelah sebulan penuh berpuasa, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen penting kita untuk saling bermaafan dan bersilaturahmi. 

Pesan permintaan maaf ini biasa diucapkan secara langsung ataupun melalui tulisan.

Salah satu kalimat yang kerap dipakai sebagai ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri adalah Taqabbalallahu minna wa minkum. 

Buat kamu yang belum tahu, kalimat ini ternyata memiliki arti "Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian."

Nah, ketika menerima ucapan itu dari keluarga atau saudara, kamu juga harus menjawabnya dengan kalimat yang tepat. 

Lantas, apa jawaban yang tepat dari ucapan "Taqabbalallahu minna wa minkum" di hari Lebaran?

Berikut ulasannya. 

BACA JUGA:Ini 4 Tips Mudik bagi Ibu Menyusui, Bunda Simak Baik-baik

BACA JUGA:Hari Ke-2 Lebaran Wisatawan Serbu Anyer, Macet Parah 2 Arah Terjadi di Jalur Wisata Pantai Anyer

Jawaban Taqabbalallahu Minna Waminkum

Seperti yang diriwayatkan oleh para sahabat Rasulullah dan Salafush Shalih, ketika ada yang mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum", kita bisa menjawab doa yang sama, yakni "Taqabbalallahu minna wa minkum."

“Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka,” tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari.

Ayah dari Habib bin Umar Al Anshari pernah bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika Idul Fitri, saat mengucapkan “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, "Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: