Arus Balik, Kendaraan Dari Bandar Lampung ke Pelabuhan Bakauheni Dialihkan ke Rest Area JTTS KM 20B

Arus Balik, Kendaraan Dari Bandar Lampung ke Pelabuhan Bakauheni Dialihkan ke Rest Area JTTS KM 20B

4.000 kendaraan pemudik dilaporkan telah menyeberan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni-Foto/Dok/NtmcPolri-

LAMPUNG, DISWAY.ID-- Arus balik Lebaran 2023 mulai bergerak, begitu juga terlihat dari arah Bandar Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Untuk antisipasi penumpukan kendaraan siring meningkatnya arus balik lebaran tersebut, rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) KM 20B dioptimalkan.

Petugas gabungan Ditlantas Polda Lampung, Polres Lampung Selatan, Kodim 0421 Lamsel, ASDP Bakauheni dan Dinas Perhubungan Lampung Selatan melakukan pengalihan kendaraan di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) KM 20B ini.

BACA JUGA:H+2 Mudik Lebaran: 1,6 Juta Lebih Kendaraan Melintas Tol Tangerang Merak

Kendaraan-kendaraan pemudik dari arah Bandar Lampung menuju Bakauheni dialihkan ke Rest Area JTTS KM 20B.

Kasatgas Kamseltibcarlantas Polda Lampung, AKBP Muhammad Ali mengungkapkan, pemgalihan kendaraan pemudik merupakan antisipasi penumpukan di area pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Pihaknya mendirikan pos pengamanan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan tersebut.

Petugas memberlakukan delay sistem agar tidak terjadi penumpukan kendaraan pada arus balik.

Selain itu, petugas juga mengarahkan penumpang yang belum membeli atau mempunyai tiket penyeberangan untuk segera membeli tiket di tempat yang sudah disediakan di Rest Area KM 20B.

"Bagi pemudik yang belum membeli tiket langsung kami arahkan ke pos ASDP Bakauheni untuk melakukan pembelian tiket terlebih dahulu. Karena dipelabuhan tidak ada lagi penjualan tiket online untuk pengguna jasa penyeberangan," kata AKBP M Ali, Senin 24 April 2023.

BACA JUGA:3 Tempat Wisata di Kabupaten Tegal Diperketat Pengamanannya

AKBP Ali mengimbau agar pemudik yang menggunakan kendaraan roda 4 agar mempunyai tiket penyebrangan terlebih dahulu sebelum sampai di pelabuhan.

"Kami khawatir ketika belum mempunyai tiket penyebrangan sampai di pelabuhan akan di putar balikan arah untuk membeli tiket terlebih dahulu. Maka dari itu kami menghimbau untuk masyarakat yang ingin melakukan penyebrangan pelabuhan Bakauheni untuk memiliki tiket penyebrangan terlebih dahulu," pungkasnya.

Berdasarkan data ASDP per pukul 08:00 WIB 23 April - 08:00 WIB 24 April 2023, total penumpang yang menyeberang ke Merak Banten sebanyak 47.405 orang. Kendaraan pribadi roda 4 sebanyak 6.351 unit dan kendaraan roda 2 sebanyak 3044 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: