Ini Titik Rawan Macet saat Arus Balik, Kakorlantas Polri Buat Pernyataan Tegas

Ini Titik Rawan Macet saat Arus Balik, Kakorlantas Polri Buat Pernyataan Tegas

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Untuk pemudik yang ingin pulang dari kampung halaman, harap perhatikan titik rawan macet saat arus balik,

Titik-titik rawan macet saat arus balik diungkap oleh pihak kepolisian.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi buka suara.
 
Ternyata salah satunya titik-titik terjadinya penyempitan jalan.

BACA JUGA:Kamis Ini, KIB Pertemuan Bahas Capres dan Cawapres

"Yang harus diwaspadai adalah titik-titik dimana terjadi penyempitan jalan. Kami selalu menyampaikan tentang adanya potensi hambatan-hambatan samping tadi," ucap Firman dalam konferensi pers, Minggu 23 April 2023.

Firman juga mencontohkan titik rawan kemacetan di jalan alteri biasanya terjadi saat ada gelaran pasar tumpah, perlintasan kereta api, hingga persimpangan sebidang.

"Kalau di jalan di arteri kami menyebut ada pasar tumpah atau kegiatan masyarakat, ada persimpangan sebidang dengan rel kereta api. Ini menjadi catatan-catatan para pemudik untuk selalu waspada," tuturnya.

BACA JUGA:Polisi Mendata 1.457 Kecelakaan Terjadi Sepanjang Mudik Lebaran 2023

Lanjut Firman, untuk di jalan tol, titik yang rawan kemacetan adalah gate tol atau gerbang tol dan rest area. Di jalan tol adalah umumnya terjadi di gate tol dan di rest area," ucapnya.

Firman juga menekankan kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin melayani masyarakat saat arus balik.

Dia juga meminta kerja sama dari pemudik untuk tidak menjadi penghambat bagi warga lainnya.

"Jadi penting adanya kerja sama yang disampaikan oleh Bapak Kapolri dari masyarakat betul-betul dituntut untuk berusaha menempatkan diri, tidak menjadi penghambat bagi yang lain, karena pertaruhan dengan jumlah yang ada," terangnya.

BACA JUGA:Sipir Lapas Rajabasa Lampung Dhawank Delvi Dicopot Buntut Pamer Kekayaan di Medsos, Salah Satunya Harley Davidson

"Tentu kami berharap kita bisa melayani semaksimal mungkin masyarakat tidak terganggu perjalanannya," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo karena arus mudik lebaran 2023 ini berjalan lancar.

Muhadjir juga mengapresiasi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Semua moda transportasi pada saat mudik ini berjalan cukup lancar atau bahkan sangat lancar. Untuk itu saya sebagai pribadi maupun sebagai Menko PMK yang mendapatkan tugas sebagai koordinator mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada Bapak Kapolri dan Bapak Menteri Perhubungan, dan Menteri PUPR yang telah betul-betul memberikan dukungan penuh, mengerahkan seluruh daya dan upaya sehingga arus mudik ini berjalan dengan lancar," kata Muhadjir saat konferensi pers, Minggu, 23 April 2023.

BACA JUGA:Sandiaga Berpotensi Diusulkan Jadi Cawapres dari PPP, PAN Angkat Bicara!

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada insan pers yang telah berkontribusi aktif, memberikan informasi kepada masyarakat.

"Terima kasih juga kepada rekan-rekan wartawan, dengan kerja samanya, terutama memberikan informasi dari lapangan langsung, yang telah memberikan feed back dan umpan balik bagi kami, serta telah memberikan andil yang tidak ternilai harganya dalam mendukung pengelolaan arus mudik tahun 2023 ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: