Gempa Bumi Mentawai Terasa Hingga 7 Kabupaten, Waspada Tsunami!

Gempa Bumi Mentawai Terasa Hingga 7 Kabupaten, Waspada Tsunami!

ilustrasi gempa--

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, gempa bumi berskala magnitudo (M)7.3 telah terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Selasa 25 April 2023 pada pukul 03.00 WIB. 

Guncangan gempa bumi yang berpusat di 0.93 LS dan 98.39 BT pada kedalaman 84 kilometer itu dirasakan di tujuh wilayah kabupaten/kota.

BACA JUGA:Rio Ferdinand: Diam-diam Liverpool Bisa 'Menyelinap' Masuk ke 4 Besar!

Hal itu sebagaimana menurut laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dirangkum Pusdalops BNPB per pukul 05.20 WIB.

"Adapun laporan yang pertama, dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang menjadi lokasi paling dekat pusat gempa bumi, bahwa guncangan kuat dirasakan oleh selama 3-5 detik sehingga menyebabkan masyarakat panik dan keluar rumah," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari. Selasa 25 April 2023.

BACA JUGA:BMKG Minta Warga Untuk Kembali Kerumah Masing-masing, Waspada Jika Terdapat Kerusakan Pada Bangunan

Sebagian besar warga Kecamatan Siberut Barat, Kecamatan Siberut Barat Daya dan Kecamatan Siberut Utara mengungsi ke lokasi aman di dataran yang lebih tinggi dari perairan.

Pada saat kejadian gempabumi, hujan turun sangat lebat dan arus listrik padam. Sementara sampai saat ini tim BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai terus melakukan monitoring.

BACA JUGA:MU Serius Kejar Mason Mount

Selanjutnya dari Kota Padang, guncangan gempabumi dirasakan kuat selama kurang lebih 30 detik. Dinding berderik, lampu gantung bergoyang dan beberapa benda yang berada di atas meja ada yang jatuh.

Masyarakat sempat merasa panik dan keluar rumah, namun cukup terkendali. Saai ini sebagian masyarakat ada yang memilih mengungsi menjauhi laut.

BACA JUGA:Cek Panduan Menentukan Harga Jual Rumah yang Tepat biar Untung

"Hingga pukul 03.59 WIB tidak terlihat adanya kondisi tidak normal air laut dan belum terpantau adanya kerusakan bangunan. Saat ini bersama tim BPBD setempat terus melakukan asesmen dan monitoring di lapangan," jelasnya.

Kemudian dari Kabupaten Pasaman Barat juga melaporkan adanya guncangan kuat selama 3-5 detik pada saat terjadi gempabumi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: