Kapolri: Berkat Kebijakan Pemerintah, Penurunan Volume Arus Balik Capai 13 Persen

Kapolri: Berkat Kebijakan Pemerintah, Penurunan Volume Arus Balik Capai 13 Persen

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, meninjau situasi dan kondisi arus balik Lebaran 2023 dengan menggunakan helikopter dari Gerbang Tol Kalikangkung-Cikampek, Tol Dalam Kota, hingga jalur arteri, Selasa, 25 April 2023.-Dok. Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan terdapat penurunan volume kendaraan saat puncak arus balik Lebaran 2023.

Listyo mengatakan hal itu berkat arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempersilakan ASN, TNI-Polri, dan BUMN memperpanjang cuti atau bekerja dari rumah (work from home). 

"Karena ada kebijakan yang diumumkan pemerintah. Terjadi penurunan kurang lebih 13 persen. Tentunya ini akan kita tunggu sampai H+6 (Lebaran) apakah penurunan 13 persen ini tetap berlaku," kata Kapolri usai memantau arus balik Lebaran 2023, Selasa, 25 April 2023 malam. 

BACA JUGA:Lebaran Lutut

Kebijakan untuk mengatur arus balik lancar di antaranya pemberian diskon, rekayasa lalu lintas hingga pengaturan-pengaturan terkait jalur-jalur keluar kendaraan. Rekayasa lalu lintas itu di antaranya one way, contraflow, hingga ganjil-genap yang akan diterapkan secara situasional.

"Alhamdulillah kemarin pemerintah juga sudah mengumumkan untuk menghindari puncak arus balik dengan memberikan kesempatan bagi TNI-Polri, BUMN, dan ASN untuk menghindari arus balik, memberikan cuti ataupun cuti tambahan dan sebagaimana," ucap dia.

"Dan kemudian juga setelah itu dari Bapak Menko Polhukam juga menyampaikan bahwa untuk kegiatan halalbihalal di masing-masing instansi juga digeser di hari Senin, minggu depan, bukan minggu ini," tambahnya.

BACA JUGA:Arus Balik, Kendaraan Dari Bandar Lampung ke Pelabuhan Bakauheni Dialihkan ke Rest Area JTTS KM 20B

Awalnya, Polri telah memprediksi akan ada mobilitas sebanyak 203 ribu kendaraan yang terjadi saat puncak arus balik. Hal itu berpotensi membuat kepadatan dan kemacetan karena beban volume kendaraan yang besar.

"Artinya kalau penurunan ini tetap bertahan kita sudah bisa menurunkan prediksi puncak arus balik yang 203 ribu tadi, karena bisa turun di 13 persen. Tentunya masih ada sisa waktu yang bisa dimanfaatkan masyarakat," katanya.

"Sehingga puncak arus balik yang diperkirakan 203 ribu tersebut betul-betul bisa terdistribusi dalam beberapa hari ini," tambah dia.

BACA JUGA:Wiranto Sebut Prabowo Telah Penuhi Kriteria Capres

Kendati demikian, jenderal bintang empat itu memerintahkan jajarannya supaya tetap bersiaga hingga akhir pekan ini. Tujuannya, demi memastikan kegiatan arus balik Lebaran 2023 dapat terlaksana dengan aman, lancar, dan nyaman.

"Sehingga kemudian distribusi dari puncak arus balik ini semuanya tetap terlayani dengan baik, dan masyarakat betul-betul bisa terlayani dengan memanfaatkan distribusi dari waktu-waktu yang ada hingga Minggu nanti," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: