Wiranto Sebut Prabowo Telah Penuhi Kriteria Capres

Wiranto Sebut Prabowo Telah Penuhi Kriteria Capres

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto dan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto disebut telah sesuai dengan prinsip calon presiden RI (Capres).

Pernyataan tersebut disampaikan langsung mantan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto di rumah pribadinya, Jalan Bangka Raya, Jakarta Selata.

Dia mengatakan bahwa dirinya sangat mengetahui prinsip sebagai capres mengingat sebelum itu dirinya sempat menyalonkan sebagai capres.

BACA JUGA:Wiranto: Saya dan Prabowo Punya Riwayat Yang Cukup Panjang Sebagai Prajurit

"Yang menilai masyarakat, yang menilai pemerintah, oh beliau (Prabowo) sudah memumpuni (prinsip capres) dong," ujar Wiranto kepada media, Selasa, 25 April 2023.

"Tentunya dari apa yang saya ketahui, saya ikutin paling enggak 4 Presiden kan, paling tidak saya tahu lah prinsip-prinsip seorang calon presiden ya," lanjutnya.

Sebagai informasi, Wiranto membeberkan beberapa prinsip yang harus dimiliki oleh setiap calon presiden.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu mengatakan bahwa ada beberapa prinsip untuk menjadi calon presiden.

"Paling tidak, dia pertama harus punya pengalaman yang lengkap, punya kesetiaan terhadap NKRI, Pancasila, UUD 45," kata Wiranto.

BACA JUGA:700 Warga Terdampak Banjir Bandang di Leuwisadeng Bogor, 200 Rumah Tertutup Lumpur

Tidak hanya itu, menurut Wiranto, seorang calon presiden harus memahami betul domestik dan internasional.

"Harus mau dan mampu untuk melaksanakan itu ya mampu belum cukup harus mau, kadang orang mampu tapi tidak mau," imbuhnya.

Bahkan menurutnya hal terpenting untuk menjadi calon presiden, yaitu dapat melanjutkan kesinambungan pembangunan negeri.

"Negeri ini ibarat bangun rumah, pondasinya sudah bangun ya engga perlu dirubuhkan lagi tapi tinggal perlu nambah atapnya jadi perlu kesinambungan," jelas Wiranto.

"Beliau ini sebagai kira dari sisi kepimpinan segi militer cukup ya, pemerintahan cukup lama juga dengan pak Jokowi masalah itu, dengan demikian kesinambungan pembangunan paham betul apa yang perlu ditambahkan disempurnakan sebagainya dan lain-lain," sambungnya.

BACA JUGA:Libur Lebaran, Wisatawan Jabodetabek Padati Pantai Carita

Diberitakan sebelumnya, Wiranto menyambut baik kedatangan Prabowo Subianto di kediaman pribadinya.

Kedua tokoh politik itu mengaku bahwa dalam pertemuannya itu, mereka hanya melakukan silaturrahmi mengingat saat ini masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1444 H.

"Karena saat ini masih dalam suasana lebaran, dimana kita memang dianjurkan untuk silaturrahmi, mempererat persaudaraan kita," tuturnya.

Meskipun begitu, Wiranto mengaku bahwa dirinya sangat senang karena bisa bertemu langsung dengan Ketua Umum Partai Gerindra.

Hal itu diungkapkan langsung olehnya lantaran kedua tokoh politik itu telah memilik hubungan yang cukup lama.

BACA JUGA:Terkuak! Rian Mahendra Beber 3 Tahap PO MTI Segera Rilis Armada Bus, Bocorkan Kenapa Harga Tiket Kencana Naik 2 Lipat

"Saya hari ini senang sekali, bahagia sekali bisa bertemu dengan pak Prabowo," kata Wiranto.

"Saya dengan pak Prabowo sudah punya riwayat yang cukup panjang, bersama-bersama sebagai prajurit ya, memperjuangkan nasib negeri ini dan sekarang juga masih bersama-sama dalam satu ikatan pemerintahan pak Jokowi, beliau jadi Menteri Pertahanan, saya menjadi Ketua Dewan Penasihat Presiden," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: