Harga Cabai Rawit dan Daging Sapi Turun Pasca Lebaran 2023

Harga Cabai Rawit dan Daging Sapi Turun Pasca Lebaran 2023

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri memonitor ketersediaan bahan pokok pasca perayaan hari Raya Idul Fitri 2023.-Dok. Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID-Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri memonitor ketersediaan bahan pokok pasca perayaan hari Raya Idul Fitri 2023.

Operasi pengecekan di pasar tradisional maupun retail modern itu dilakukan secara rutin untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok, fluktuatif harga dan kendala yang dihadapi pedagang serta pembeli.

Monitoring dan pengecekan Satgas Pangan Polri Pusat dilakukan pada Jumat, 28 April 2023 ke sejumlah titik pasar tradisional di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

BACA JUGA:Harga Cabai 'Memanas' Jelang Ramadan, di Jakarta Tembus Rp 80.000 per Kilogram

Sejumlah pasar terdiri dari pasar Mampang Prapatan Jakarta Selatan; Pasar Lenteng Agung Jakarta Selatan; Pasar Minggu Jakarta Selatan; Pasar Cijantung Jakarta Timur; Pasar Kavling Tanjung Lengkong Jakarta Timur; Pasar Palmerah Jakarta Barat; Pasar Bendungan Hilir Jakarta Pusat; Pasar Pintu Air Jakarta Pusat; Pasar Kranggan Kota Bekasi.

Dari hasil pengecekan itu, Satgas Pangan Polri menemukan adanya beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan harga. 

BACA JUGA:Harga Daging Sapi Diklaim Stabil Rp 133.670 per Kg Jelang Akhir Tahun

BACA JUGA:Harga Cabai Makin 'Pedas' Tembus Rp 70 Ribu per Kilogram, Mendag Ambil Langkah Ini

"Berdasarkan pengecekan tersebut, harga bahan pokok terpantau stabil hingga H+7 Idul Fitri dan beberapa turun harga,”kata Kasatgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan di Jakarta, Jumat, 28 April 2023.

Harga beras terpantau di kisaran harga Rp10.000 - Rp11.500 dan ini masih sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sedangkan untuk cabe rawit merah yang harganya sempat tinggi (H-7 ) atau di iawal sebelum lebaran, saat ini sudah turun dengan rata-rata antara Rp.48.000/kg - 57.000/ kg.

Untuk harga Daging Sapi dijual dengan harga kisaran Rp128.400/kg atau turun dari harga sebelumnya Rp 129.000/kg.

BACA JUGA:Harga Daging Babi Melonjak 46 Persen, Ini Faktor Penyebabnya

Begitu pula dengan harga telur ayam yang turun sekitar 0.3% dimana sebelum lebaran pedangang menjual dengan harga Rp.29.500/ kg namun saat ini dijual dengan harga Rp.29.400.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: