Sejarah Hardiknas dan Sosok Ki Hajar Dewantara

Sejarah Hardiknas dan Sosok Ki Hajar Dewantara

Sejarah Hardiknas dan Sosok Ki Hajar Dewantara-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan moment penting yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia setiap tanggal 2 Mei sebagai momen untuk mengingat pentingnya Pendidikan dalam pembangunan bangsa.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional bermula pada tahun 1950, saat Presiden Soekarno menandatangani Dekrit Presiden No. 724 Tahun 1950 yang menetapkan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Setiap tahunnya, Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas memiliki tema yang berbeda-beda dan dipilih oleh pemerintah. 

BACA JUGA:Ini Cara mudah Belajar Teknik Elektro yang Tepat

Beberapa tema yang pernah diangkat antara lain "Melalui Pendidikan Kita Wujudkan Merdeka", "Pendidikan Berkualitas, Indonesia Maju", dan "Mendidik Bangsa dengan Teknologi Digital".

Dikutip dari laman Kemdikbud, Selasa 2 Mei 2023, tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar”. Bulan ini juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar.

Hari Pendidikan Nasional merupakan saat yang tepat untuk merenungkan pentingnya pendidikan dan berpikir bagaimana cara agar dapat berkontribusi untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Namun seiring berjalannya waktu, peringatan Hardiknas kemudian diperluas untuk mengenang perjuangan para pahlawan pendidikan lainnya, seperti para pelopor pendidikan nasional, para guru, dosen, dan semua orang yang berjuang untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

BACA JUGA:Emak-emak Wajib Tahu Nih! Pemerintah Atur Ulang Pajak Emas, Seperti Apa Perhitungannya? Simak Disini

Sejak saat itu, setiap tahunnya, Hardiknas diperingati dengan berbagai kegiatan dan acara yang diadakan di sekolah-sekolah dan institusi pendidikan lainnya di seluruh Indonesia. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan dalam membangun masa depan bangsa.

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, seluruh warga negara Indonesia diharapkan untuk ikut serta dalam memajukan pendidikan di Indonesia. 

Kita dapat melakukan berbagai hal, seperti membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah, memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan, dan melakukan berbagai kegiatan yang dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan di masyarakat.

Sejarah Hari Pendidikan Nasional dan Sosok Ki Hajar Dewantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: