15 Perempuan Muslim Inspiratif Dunia, Mulai dari Khadijah Hingga Tjut Nyak Dien

15 Perempuan Muslim Inspiratif Dunia, Mulai dari Khadijah Hingga Tjut Nyak Dien

15 Perempuan Muslim Inspiratif Dunia, Mulai dari Khadijah hingga Cut Nyak Dien-Ilustrasi/Instagram-

2. Fatimah al-Zahra’ binti Muhammad (wafat 632)

Sebagai putri Nabi Muhammad dan istri pertamanya Khadijah binti Khuwaylid (w. 620), Fatimah memainkan peran penting dalam komunitas Muslim awal di Mekah dan Madinah. 

Ia, bersama keluarganya, mengalami penganiayaan keras dari kaum Quraisy di Mekah sebelum pindah ke Madinah pada tahun 622.

BACA JUGA:Sufisme Islam dan Hadits-Hadits Nabi

Selama hidup Nabi, ia menjalani (dan secara aktif berpartisipasi) dalam semua perkembangan besar dalam pendirian agama Islam. Tak lama setelah tiba di Madinah, Fatimah menikah dengan ‘Ali bin Abi Thalib (w. 661).

3. ‘Aisyah binti Abu Bakar (wafat 678)

Aisyah merupakan istri Nabi Muhammad yang mungkin memiliki pengaruh paling besar pada komunitas Muslim setelah kematiannya.

Dia memainkan peran sentral dalam penyampaian ajaran Islam. Dia adalah salah satu perawi utama hadis dalam tradisi Sunni.

Dalam banyak hal, ‘Aisyah adalah salah satu tokoh yang paling penting di awal Islam, terutama karena implikasi dari tindakannya terhadap partisipasi perempuan di ruang publik berbenturan dengan konsepsi Islam konservatif.

4. Rufaidah binti Sa’ad (Lahir 570- Wafat 632 M)

Rufaidah binti Sa'ad adalah perawat Islam pertama yang hidup di masa Rasulullah. Ia menjadi relawan perawat bagi pasukan muslim yang terluka di Perang Badr, Uhud, Khandaq, dan Perang khaibar.

Lahir di Yastrib dan tinggal di Madinah, Rufaidah termasuk kaum Anshar, golongan yang pertama kali menganut Islam di Madinah.

Rufaidah mempelajari ilmu keperawatan saat ia bekerja membantu ayahnya yang berprofesi sebagai seorang dokter.

Digambarkan sebagai perawat teladan, baik dan bersifat empati, Rufaidah bukan saja perawat profesional pertama dalam sejarah Islam, tapi juga di dunia.

Masanya jauh lebih dulu dari Florence Nightingale, perawat tersohor yang merawat para tentara Inggris pada ke-17, dan dianggap pelopor dunia perawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait