Dinilai Lambat, Moeldoko Akan Evaluasi Subsidi Kendaraan Listrik

Dinilai Lambat, Moeldoko Akan Evaluasi Subsidi Kendaraan Listrik

Kepala Staff Presiden, Moeldoko -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kepala Staf Presiden, Moeldoko bakal menggelar rapat evaluasi untuk membahas subsidi kendaraan listrik yang dinilai masih lambat. 

"Subsidi belum berjalan dengan lancar, ini kita akan evaluasi segera. Kita berharap, apa yang menjadi kebijakan baik pemerintah ini betul-betul bisa berjalan dengan lancar, sekarang masih cenderung lambat," ujar Moeldoko di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Mei 2023.

"Karena subsidi tidak bisa dinikmati semuanya, sehingga itu penyebab lambat dan kedua bisa ada restitusi. Jadi pajak 10% dan 1 persen ditanggung pembeli, tapi diler menanggung restursi, nah dikhawatirkan dengan restitusi setahun baru dibayar pemerintah maka itu akan menjadi beban bagi diler diler itu," lanjutnya.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Biaya Pengadaan Kendaraan Listrik PNS, Pejabat Eselon 1 Anggarannya Hampir Rp 1 Miliar

BACA JUGA:Moeldoko: PEVS 2023 Bisa Jadi Pemicu dan Pemacu Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Ia mengaku saat ini pemerintah tengah mempelajari alasan atau faktor yang menyebabkan subsidi kendaraan listrik di Indonesia belum lancar. 

Maka itu, Moeldoko berharap ke depannya kebijakan ini bisa lebih meringankan dan simpel. Sehingga tidak menyulitkan bagi siapapun.

"Untuk itu kita tunggu aja kebijakan pemerintah berikutnya, kalau payung hukumnya sudah ada dari Kementerian Keuangan bagaimana menyiasati agar lebih meringankan, lebih simpel dan sederhana sehingga tidak menyulitkan bagi siapa pun," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: