Moeldoko: PEVS 2023 Bisa Jadi Pemicu dan Pemacu Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Moeldoko: PEVS 2023 Bisa Jadi Pemicu dan Pemacu Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Moeldoko: PEVS 2023 Bisa Jadi Pemicu dan Pemacu Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pameran bertajuk PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) yang digagas oleh Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) siap degelar pada 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada kesempatan preskonference bersama awak media, Jumat 5 Mei 2023 di Jakarta, Moeldoko, Ketua Umum PERIKLINDO sekaligus Kepala Staf Kepresidenan RI menyampaikan bahwa persaingan industri kendaraan listrik di dunia sudah mulai ketat.

BACA JUGA:Pelaku Sekuriti Tusuk Sekuriti di Kelapa Gading Ciut saat Diringkus Tim Gabungan, Hayo Mau Kabur ke Mana?

“Khususnya Tiongkok telah mengembangkan mobil listrik begitu hebat,majunya luar biasa. Kita khawatir kalau tidak bekerja keras kita akan kalah dan ujung-ujungnya kita jadi pasar lagi kedepan,” ujar Moeldoko dalam sambutannya.

“Jadi dalam persaingan begitu luar biasa, kita harus bekerja keras mengikuti trend di dunia, jangan lagi kita sebagai penonton dan sebagai market,” tambahnya.

BACA JUGA:Dukung Kendaraan Listrik, KYMCO Siap Ramaikan Pameran PEVS 2023 di JIEXPO!

Pada kesempatan tersebut, Moeldoko juga mengatakan, pada pameran PEVS 2023 ini diharapkan bisa dapat memicu masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik dan memacu pabrikan lokal dalam memproduksi kendaraan listrik, sehingga tercipta ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Kebijakan Konversi

Selain itu kebijakan konversi kendaraan listrik, Moeldoko juga berharap ada standarisasinya agar menghindari segala risiko yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Begini Cara Batalkan Getcontact Premium di iOS dan Android, Mudah Enggak Pakai Ribet!

“Bahwa pendekatan transisi melalui konversi ini ada risiko. Kita tidak ingin konversi nanti dijalankan oleh semua bengkel-bengkel, dengan mudahnya abai dengan standarisasi. Kita ingin bengkel yang mempunyai izin konversi, khususnya sepeda motor betul-betul terkontrol dengan baik,” tukasnya.

Seperti diketahui, salah satu misi besar yang ingin dicapai dalam perhelatan PEVS 2023 adalah melalui Program  Business to Government (B2G), dimana PERIKLINDO bersama Dyandra Promosindo selaku penyelenggara, akan mempertemukan pelaku bisnis kendaraan listrik dengan pemerintah.

BACA JUGA:Cara Menyalakan Motor PCX, Ketahui Fitur Honda Smart Key System

Hal ini untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan kendaraan listrik dalam berbagai kegiatan operasionalnya seperti yang diinstruksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam INPRES no.7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: