Lagi! KPK Geledah Kemensos Terkait Korupsi Bansos, Risma Terlibat?

Lagi! KPK Geledah Kemensos Terkait Korupsi Bansos, Risma Terlibat?

Pemerintah akan segera menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) bagi 21 juta masyarakat kurang mampu pada Idul Fitri 1444 Hijriyah. -ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Kantor Kementerian Sosial (Kemensos) pada Selasa, 23 Mei 2023 terkait dengan dugaan kasus Korupsi bantuan sosial.

"Memang benar ada penyidik KPK yang datang ke Kementerian Sosial mulai jam 10.00 -18.00 WIB. Terkait dengan pekerjaan penyaluran bansos beras untuk KPM PKH tahun 2020," kata Stafsus Menteri Sosial (Mensos) bidang Komunikasi dan Media Massa, Don Rozano Sigit Prakoeswa di Kemensos, Selasa, 23 Mei 2023.

Ia membantah jika Menteri Sosial Tri Rismaharini turut diperiksa dalam kasus ini. Menurutnya, kasus ini terjadi pada saat Risma belum menjabat sebagai Mensos. 

BACA JUGA:Zaytun Gantar

"Itu kan sudah dijelaskan ibu di bulan Maret (kasusnya), dan tadi itu sudah dari berita acara yang kami baca yang ditandatangani para pihak itu untuk menjelaskan bansos beras untuk KPM PKH tahun 2020," ujarnya.

Don mengatakan beberapa ruangan yang diperiksa terkait dengan kasus tersebut. Kendati demikian ia tak menyebut ruangan mana saja yang digeledah oleh tim KPK.  

Namun, ia memastikan salah satu ruangan yang digeledah ada Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI (Ditjen dayasos). 

BACA JUGA:Terbaru, Kejagung Tangkap Satu Orang Kepercayaan Tersangka Korupsi BTS Kominfo

"Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI (Ditjen dayasos) yang terkait sama pengumpulan beberapa dokumen dan alat-alat yang diminta oleh teman-teman KPK," ungkapnya. 

Dia menjelaskan, tidak ada barang yang dibawa dari Kemensos menyoal penggeledahan itu. Pasalnya, tersangka dugaan korupsi bansos hingga kini belum ada pengembangan lebih jauh.

"Ga ada (yang dibawa), kan tersangkanya masih satu. jadi ya tidak ada yg dibawa, orang dan semua berjalan dengan lancar," lanjut dia. 

BACA JUGA:Daftar 10 SMA Terbaik di Indonesia Versi LTMPT 2023: Jakarta Mendominasi, Tapi Tangerang Lebih Unggul!

Don menjelaskan penggeledahan itu diketahui oleh Mensos Risma. Sebab, pada saat penggeledahan Mensos Risma tengah rapat. 

"Kan lagi rapat sama bu menteri tiba-tiba ada informasi ada tim kpk di lobi sini, kemudian datang untuk melaksanakan aktivitasnya dan kemudian memberitahukan kepada bu menteri, terjadilah pertemuan seperti itu," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: