Dalam Sebulan, Pergerakan Penumpang Pesawat di Bandara-Bandara Angkasa Pura II Capai 7,4 Juta Orang

Dalam Sebulan, Pergerakan Penumpang Pesawat di Bandara-Bandara Angkasa Pura II Capai 7,4 Juta Orang

Suasana peak season mudik lebaran di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.-Garuda Indonesia -

JAKARTA, DISWAY.ID-- Jumlah pergerakan penumpang pesawat di seluruh bandara PT Angkasa Pura II (AP II) dalam sebulan mencapai sebanyak 7,14 juta orang.

Jumlah sebanyak tersebut merupakan data pada Mei 2023 atau tertinggi sejak 3 tahun pasca pandemi Covid-19 pada 2020.

Dari data diperoleh pada 1 – 31 Mei 2023, seluruh bandara AP II juga mencatat adanya 53.486 penerbangan pesawat dan volume angkutan kargo sebanyak 58,88 juta ton.

BACA JUGA:Pengelola Bandara Angkasa Pura II Cetak Pendapatan Rp 2,75 Triliun

Dengan capaian jumlah pergerakan jumlah penumpang sebanyak 7,14 juta orang, berarti telah mengalami peningkatan 14 % dibandingkan dengan data April 2023 yakni sebanyak 6,27 juta orang.

Jika dibandingkan dengan Mei 2022, terjadi peningkatan lebih besar yakni mencapai 18 %.

Disebutkan President Director AP II Muhammad Awaluddin, angka pergerakan penumpang pada Mei 2023 tersebut terbilang sudah mendekati kondisi normal pada 2019 atau sebelum terjadi pandemi Covid-19.

Saat itu, pada 2019 jumlah pergerakan penumpang di bandara-bandara AP II sekitar 90,77 juta penumpang atau rata-rata per bulannya sekitar 7,56 juta penumpang.

"Mei 2023 sejauh ini adalah bulan tersibuk bagi AP II sejak pandemi melanda pada 2020," ujar Awaluddin kepada wartawan, Jumat 2 Juni 2023.

Jumlah pergerakan penumpang yang tertinggi sejak adanya pandemi Covid-19 dan hampir menyamai kondisi 2019 sebelum pandemi, disebutkan Awaluddin, tidak lepas dari koordinasi.

BACA JUGA:Ada Perubahan Jadwal KRL, Perjalanan Commuter Line Menjadi 1.133 per Hari, Cek Gapeka Terbarunya!

"Ini koordinasi yang baik antara AP II, maskapai, serta stakeholder lainnya dalam mengelola dan mengakomodir permintaan yang tumbuh di tengah periode pemulihan,” ujar Awaluddin.

Selain itu, capaian ini merupakan hasil dari keberhasilan perseroan menangkap peluang di tengah periode pemulihan.

Di mana, AP II mengusung program Regrowing Business Ecosystem. Salah satunya, mendorong pertumbuhan bisnis aeronautika dengan target slot time penerbangan yang tersedia di bandara dimaksimalkan dan dioptimalkan melalui sinergi dengan maskapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: