Kemunculan Paus Beluga di Pantai Swedia Bikin Heboh Lagi, Diduga Mata-mata Rusia?

Kemunculan Paus Beluga di Pantai Swedia Bikin Heboh Lagi, Diduga Mata-mata Rusia?

Paus Beluga Muncul di Perairan Swedia, Mata-mata Rusia?-Melissa-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Seekor paus beluga yang muncul di Norwegia mengenakan tali kekang pada tahun 2019, memicu spekulasi bahwa ia adalah mata-mata yang dilatih oleh angkatan laut Rusia.

Kini Paus Beluga itu telah muncul kembali di lepas pantai Swedia.

Pertama kali ditemukan di wilayah paling utara Finnmark, Norwegia, paus ini menghabiskan waktu lebih dari tiga tahun bergerak perlahan di bagian atas garis pantai Norwegia, sebelum tiba-tiba melaju kencang dalam beberapa bulan terakhir untuk menutupi paruh kedua dan pindah ke Swedia.

BACA JUGA:Mendobrak Tabu, Kisah Para Wanita Usia 20-an Mengalami Menopause, 'Merasa Panas Sepanjang Waktu'

Dilansir dari laman The Guardian, pada hari Minggu, paus Beluga itu diamati muncul di Hunnebostrand, lepas pantai barat daya Swedia.

"Kami tidak tahu mengapa kecepatannya begitu cepat sekarang," kata Sebastian Strand, seorang ahli biologi kelautan dari organisasi OneWhale, menambahkan bahwa hal itu sangat membingungkan karena paus itu bergerak "sangat cepat menjauh dari lingkungan alaminya".

“Bisa jadi hormon mendorongnya untuk mencari jodoh. Atau bisa juga kesepian, karena beluga adalah spesies yang sangat sosial – bisa jadi dia sedang mencari paus beluga lainnya.”

Strand mengatakan paus itu, yang diyakini berusia 13-14 tahun, "pada usia di mana hormonnya sangat tinggi".

BACA JUGA:Gempa Guncang Tarakan Kalimantan Utara, Berkekuatan M 5,1

Populasi beluga terdekat terletak di kepulauan Svalbard, yang terletak di tengah antara pantai utara Norwegia dan kutub utara.

Paus tersebut diyakini tidak pernah melihat satu pun beluga lainnya sejak tiba di Norwegia pada April 2019.

Orang Norwegia menjulukinya Hvaldimir – pelesetan kata ikan paus dalam bahasa Norwegia, hval, dan anggukan untuk dugaan hubungannya dengan Rusia.

Ketika paus pertama kali muncul di Kutub Utara Norwegia, ahli biologi kelautan dari direktorat perikanan Norwegia melepaskan tali kekang buatan manusia darinya.

BACA JUGA:Demi Tikung Arsenal, MU akan Tebus Declan Rice dari West Ham dengan Umpan, Siapa yang Dikorbankan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: