Honor Bulanan RT dan RW di Kota Tangsel Rp 1 Juta Tahap Pengusulan

Honor Bulanan RT dan RW di Kota Tangsel Rp 1 Juta Tahap Pengusulan

Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan-Rafi Adhi Pratama-

TANGERANG, DISWAY.ID-- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah mengusulkan kenaikan besaran insentif kepada pengurus RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga).

Besaran insentif atau honor bulanan tersebut akan diatur melalui Peraturan Wali kota (Perwal). 

Saat ini, para pengurus RT dan RW di Tangsel menerima insentif Rp 750 ribu per bulan. 

BACA JUGA:Sekolah Jalan Kaki 16 KM, Pelajar SMA asal Ciputat Akhirnya Diberi Sepeda dan Disiapkan Beasiswa S1

Ke depan, besaran insentif ini akan dinaikkan lagi menjadi Rp 1 juta..

Sebelumnya, insentif Rp 750 ribu ini juga mengalami kenaikan, di mana pada tahun lalu honor bulanan yang diterima RT dan RW sebesar Rp 350 ribu.

“Insya Allah tahun ini pengurus RT/RW kita akan menerima Rp 750 ribu. Tahun depan kita canangkan jadi Rp 1 juta. Perwal oleh pak Wali sedang digodok,” ujar Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan. 

Pilar menuturkan, pengurus RT dan RW menjadi sentral, terutama dalam hal membantu program pemerintah seperti yang berkaitan dengan pembebasan lahan untuk pembangunan.

“Di mana proses ini memakan waktu dan juga bantuan dari pihak RT/RW setempat. Hal ini tentunya akan menambah beban kerja RT/RW, sehingga kami usulkan untuk menaikkan insentif mereka,” ujar Pilar.

BACA JUGA:Tangsel Marathon 2023 Siap Digelar 10 September

Selain itu, Pilar mengatakan, tugas pengurus RT/RW selain pembebasan lahan juga mengamankan aset-aset milik Pemkot Tangsel di wilayahnya. Sehingga, ia meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk memberikan pembinaan terhadap RT/RW.

“Sehingga RT dan RW memiliki wawasan dasar mengenai aset dan tanah milik pemerintah,” sambungnya.

Terpisah, anggota DPRD Tangsel dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ferdiansyah mengapresiasi rencana Pemkot Tangsel menambah insentif pengurus RT dan RW.

Menurutnya, menaikkan insentif pengurus RT dan RW adalah salah satu bentuk penghargaan dari Pemkot Tangsel terhadap kerja mereka dalam mengurus wilayah masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: