Konversi Motor Listrik Jadi Pelajaran Intrakurikuler di SMKN 55 Jakarta

Konversi Motor Listrik Jadi Pelajaran Intrakurikuler di SMKN 55 Jakarta

Siswa SMKN 55 Jakarta dalam pelajaran intrakurikuler konversi motor BBM menjadi listrik di bengkel sekolah.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Konversi motor listrik menjadi pelajaran intrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 55 Jakarta.

Pelajaran konversi motor listrik ini dilaksanakan sekali seminggu dan wajib diikuti oleh semua siswa Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor di sekolah tersebut.

Peralatan pendukung konversi juga telah dimiliki SMKN 55 Jakarta, sehingga semakin memudahkan siswa belajar di bengkel sekolah. 

BACA JUGA:Gaji Joachim Loew Jadi Pelatih Timnas Indonesia Dibongkar Vietnam, Angkanya Fantastis!

Pelajaran konversi motor listrik sedianya berawal dari program PLN Peduli tahun 2022 untuk mengkonversi 5 motor BBM menjadi listrik.

Alhasil, konversi motor listrik kini dijadikan SMKN 55 Jakarta sebagai pelajaran intrakurikuler. 

Kepala SMKN 55 Jakarta, Djamilah mengatakan, antusiasme siswa untuk mempelajari konversi motor listrik ini sangat tinggi.

Oleh karena itu pihaknya menjadikan konversi motor listrik menjadi pelajaran intrakurikuler dan akan disusulkan masuk ke dalam kurikulum di tahun depan. 

"Alhamdulillah tahun lalu kita diberi tantangan untuk konversi 5 motor oleh PLN dan peralatannya juga masih ada sehingga bengkel pembelajarannya siap, ditambah lagi siswa ini sangat semangat untuk belajar konversi motor listrik, maka kami menjadikan konversi motor listrik ini sebagai pelajaran intrakurikuler wajib," jelas Djamilah. 

BACA JUGA:Jadi Justice Collaborator Johnny G Plate Akan Buka Habis Kasus BTS Kominfo, Kejagung Angkat Bicara

ELVIS atau Electric Vehicle Conversion adalah nama yang diberikan untuk motor konversi dari program PLN Peduli.

Saat ini sudah ada 5 motor ELVIS karya SMKN 55 Jakarta sebagai bentuk kepedulian PLN memberikan ruang kepada siswa SMK belajar ilmu konversi dan langsung mempraktekannya. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menyatakan bahwa PLN sangat mendukung transisi energi, dalam hal ini kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik.

Melalui PLN Peduli di bidang pendidikan, PLN UID Jakarta Raya merangkul generasi muda untuk turut berperan aktif dalam transisi energi yang bisa mendukung terwujudnya Net Zero Emission 2060. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: