Daftar Negara Asia Termiskin di Dunia, Nomor 2 Gak Disangka!

Daftar Negara Asia Termiskin di Dunia, Nomor 2 Gak Disangka!

Potret Kemisikinan/ilustrasi-ilustrasi-FIN

Cadangan sumber daya alam di Pakistan cukup melimpah. Sayangnya, sekitar 40 persen warganya berada di dalam garis kemiskinan

Dengan pendapatan per kapita US$ 1.193,73 atau Rp 17,7 juta, tidak mengherankan apabila Negeri Seribu Cahaya masuk dalam daftar negara termiskin di Asia.

7. Kirgistan

Hampir 32 persen penduduk Kirgistan harus bergulat dengan kondisi keuangan yang minim. Pendapatan per kapita di negara yang berbatasan dengan Tiongkok di sebelah timur itu hanya sebesar US$ 1.173,61 atau Rp 17,4 juta. 

Sejumlah faktor yang mengakibatkan keadaan itu semakin memburuk, diantaranya rendahnya akses pendidikan dan ketergantungan pada hasil pertanian.

BACA JUGA:Wakapolri Ingatkan Agar Polisi Netral dalam Pemilu 2024

6. Nepal

Bank Dunia atau World Bank melaporkan pendapatan per kapita penduduk Nepal hanya sekitar US$ 1.155,14 atau Rp 17,1 juta. 

Ketidakstabilan politik, kurangnya industri, hingga korupsi memicu penurunan ekonomi dalam negeri. 

5. Suriah

Konflik senjata berkepanjangan menjadi salah satu alasan Suriah masuk dalam daftar 10 negara termiskin di Asia. 

Fluktuasi inflasi menyebabkan penduduk setempat harus berjuang lebih besar untuk dapat bertahan. Pendapatan per kapita negara beribu kota Damaskus itu hanya senilai US$ 870 atau setara Rp 12,9 juta.

BACA JUGA:58 JemaahHaji Indonesia Meninggal Dunia di Tanah Suci, Kemenkes: Terbanyak Riwayat Jantung

4. Tajikistan

Tajikistan mempunyai pendapatan per kapita sebesar US$ 859,13 atau Rp 12,4 juta. Rendahnya penghasilan penduduk lokal disebabkan oleh perang saudara tak berkesudahan, korupsi, dan ketidakmampuan pemerintah untuk menanggulangi masalah dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: