Target 385 km perjam, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Sudah Dites di Kecepatan 220 Km perjam

Target 385 km perjam, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Sudah Dites di Kecepatan 220 Km perjam

Sudah Dites di Kecepatan 220 Km perjam, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Siap Dioperasikan-KCIC-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam rangka menyambut pengoperasian Kereta Api Cepat JAKARTA Bandung (KCJB) pada Agustus 2023, KCIC bersama seluruh stakeholder terus melakukan berbagai persiapan. 

Selain penyempurnaan prasarana untuk peningkatan laju kereta api cepat, secara paralel proses sertifikasi juga dipersiapkan bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:Wenny Ariani Tuntut Nafkah Anak Rp 7,5 Miliar Usai Rezky Aditya Dipastikan Ayah Biologis dari Putrinya

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testing dan commisioning KCJB secara internal yang dilaksanakan oleh Kontraktor KCJB. 

Melalui CIT atau Kereta Inspeksi, seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian.

BACA JUGA:Kebenaran Joachim Low Merapat ke Timnas Indonesia Bergaji Mencolok, Ternyata Pernah Dipermalukan Shin Tae-yong

"Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Hal ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi," ujar Emir pada Selasa 13 Juni 2023 kemarin.

Pengujian dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim. 

Laju Kereta Inspeksi pada saat pengujian juga akan terus ditingkatkan kecepatannya secara bertahap hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km perjam.

BACA JUGA:Penyebab Wisatawan Bali Malam Jadi Hostess Diungkap Myra P. Gunawan, Selain Murah Bali Juga Semakin Terbuka

Emir menjelaskan, paralel dengan pengujian yang dilakukan oleh kontraktor, KCIC juga terus berkordinasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan izin operasi KCJB.

Saat ini juga tengah dilakukan focus group discussion antara KCIC, Kontraktor KCJB, Kemenhub, dan pihak terkait lainnya selama tiga hari di Bandung. 

BACA JUGA:Sematkan Jas PPP, Mardiono Berharap Sandiaga Uno Bawa Hoki

Pertemuan tersebut untuk membahas persiapan pengujian dan mengumpulkan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan guna melengkapi persayaratan yang ditetapkan Kemenhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: