KPK Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo Besok

KPK Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo Besok

Hal ini membuat banyak pihak yang menuding KPK menarget Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), yang juga politikus Partai NasDem, dalam penyelidikan kasus ini.-Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemanggilan terhadap Menteri Pertanian Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk dimintai keterangan terkait korupsi di kantornya. 

"Iya segera diundang untuk permintaan keterangan. Benar, dijadwalkan untuk hadir besok Jumat, 16 Juni 2023 jam 09.30 wib di Gedung Merah Putih KPK," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis, 15 Juni 2023.

Ali mengatakan surat undangan permintaan keterangan sudah dikirim ke Syahrul Yasin Limpo. Oleh karena itu, dia mengimbau agar Mentan datang memenuhi panggilan penyidik.

BACA JUGA:Seorang Pimpinan Parpol Segera Ditangkap KPK Dibocorkan Denny Indrayana: Pimpinan KPK Sudah Izin Presiden 

"Kami berharap yang bersangkutan bisa hadir memenuhi undangan dimaksud," ujarnya. 

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertahanan (Kementan). 

Juru bicara pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan proses penyelidikan ini tindak lanjut dari laporan masyarakat. 

"Jadi begini yang kemudian kami ketahui benar ada tahap proses permintaan keterangan terhadap sejumlah pihak atas dugaan korupsi di kementerian pertanian Indonesia," kata Ali Fikri kepada wartawan, Rabu, 14 Juni 2023.

BACA JUGA:Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo: Sawit Adalah Kekuatan Bangsa Indonesia

"Tentu ini sebagai bagian dari tindak lanjut laporan masyarakat yang diterima KPK dan kemudian KPK tindak lanjuti proses penegakkan hukumnya jadi ini adalah proses murni penegakan hukum yang sedang kpk lakukan oleh karena itu," sambungnya. 

Kendati demikian, Ali enggan membeberkan secara detail terkait hal ini. Ia berdalih saat ini pihaknya masih melakuka proses penyelidikan. 

"Karena saat ini masih dalam tahap permintaan keterangan ke sejumlah pihak tentu belum bisa kami sampaikan secara lengkap segera kami akan sampaikan perkembangannya setelah memastikan seluruh proses yang sedang kami lakukan ini selesai dilakukan," tutupnya. 

BACA JUGA:Mentan Syahrul Yasin Limpo Cek Sapi PMK di Jatinangor

Diketahui, beredar kabar di media sosial jika KPK bakal menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka. Kabar itu diungkapkan akun Instagram @pedeoproject.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: