Jelang Idul Adha 1444H, Kementan Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha 1444H, Kementan Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha 1444H, Kementan Pastikan Kesehatan Hewan Kurban-Kementan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan pendampingan dan pembinaan mengenai kesehatan hewan kepada para peternak sapi yang melakukan penjualan di wilayah Jabodetabek. 

Langkah itu dilakukan, untuk memastikan hewan yang dijual saat ini dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

BACA JUGA:Puasa Arafah Hapuskan Dosa Setahun yang Lalu dan Satu Tahun ke Depan? UAH: 'Cara Berpikir Keliru'

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan ketersediaan sapi potong jelang Iduladha 2023 mendatang dalam kondisi aman.

Menurutnya, pemerintah dan swasta termasuk para petani terus memperkuat kolaborasi untuk menghasilkan hewan ternak berkualitas dan lolos uji sehat.

"Alhamdulillah dari apa yang kita ketahui bersama sapi potong jelang Iduladha dalam kondisi aman bahkan sudah melalui berbagai pengecekan untuk memastikan kesehatan," jelas Mentan saat kunjungan kerja di sapi penjualan Bima Jaya Farm, Yasmin, Bogor, Senin 19 Juni 2023.

BACA JUGA:Sejumlah Bahan Pokok Naik Jelang Idul Adha 2023, Harga Telur Ayam Sulit Diredam!

Sementara pengusaha sapi dari Bima Jaya Farm, Ilman menyampaikan terima kasih atas perhatian kementan dalam melakukan pengecekan serta mempercepat izin keluar masuk hewan melalui Balai Karantina di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Alhamdullilah kita terbantu karena pemerintah terus melakukan pengecekan serta memberi rekomendasi pengeluaran dan pemasukan izin lalu lintas ternak, baik dari karantina sampai ke dinas peternakan bogor," ungkap Ilman.

BACA JUGA:Heboh! Renaga Tahier Putra Ferdy Element Diduga Sudah Menikah dan Tak Akui Mau Anak Kandung

Menurut Ilman, pengecekan dan pendampingan pemerintah terhadap peternak sapi Bima sangat membantu dalam memastikan konsumen untuk membeli hewan kurban yang sehat dan layak konsumsi.

"Dengan begitu penjualan kita meningkat dari tahun sebelumnya. Alhamdulillah para peternak bersyukur karena terus diperhatikan pemerintah," jelasnya.

Sejauh ini, kata Ilman, penjualan sapi di Bima Jaya Farm bisa mencapai 20 sampai 30 ekor per hari. Jumlah tersebut masih akan berubah terutama menjelang hari H Iduladha 2023 mendatang. 

BACA JUGA:Tolong Teman Tercebur, Warga Bogor Tenggelam di Situ 7 Muara Pamulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: