Survei Algoritma: Cawapres Paham Ekonomi Seperti Sandiaga Uno, Lebih Mendongkrak

Survei Algoritma:  Cawapres Paham Ekonomi Seperti Sandiaga Uno, Lebih Mendongkrak

Direktur Eksekutif Lembaga Peneliti dan Konsultan Algoritma, Aditya Perdana-Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Lembaga Peneliti dan Konsultan Algoritma menilai Elekttabilotas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024 mampu melampaui dua menteri yang juga mencalonkan sebagai Calon wakil presiden.

Diketahui kedua menteri yang dilampaui elektabilitasnya dalam segi ekonomi adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum Mahfud MD.

BACA JUGA:Bantahan Jokowi Soal Ada yang Bekingi Al Zaytun, 2 Menteri Dapat Perintah Tegas: Saya Perintahkan

Direktur Eksekutif Lembaga Peneliti dan Konsultan Algoritma, Aditya Perdana mengatakan bursa Cawapres dalam survei terbaru yang dilakukan Algoritma terdapat dua nama yang meningkat pesat elektabilitasnya yakni Sandiaga Salahudin Uno dan Mahfud MD. 

Pada survei ini urutan untuk level elektoral cawapres adalah Sandiaga Salahudin Uno 11,3 persen, kemudian disusul oleh Erick Thohir 10,3 persen dan Mahfud MD 8,8 persen. 

BACA JUGA:Resmi! Jokowi Restui Tiket Gratis 3 Bulan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jika dibandingkan dengan Desember 2022 urutannya adalah Ridwan Kamil (11,8 persen), Sandiaga Uno 7,4 persen, dan Erick Thohir 6 persen.

“Kami melihat Sandiaga Uno momentumnya menguat signifikan, Ridwan Kamil mulai kehilangan akselerasinya yang sempat luar biasa, dan Mahfud MD muncul memikat publik bahkan sampai membuat Ridwan Kamil terpental dari tiga besar,” ujar Aditya saat paparan Algoritma, di Jakarta Pusat, Senin 26 Juni 2023.

BACA JUGA:Dukungan Kuat Erick Thohir untuk Kapolri Berantas Mafia Sepak Bola, Klaim Punya Data: Ini Menjadi Bukti Kongkrit

Aditya menjelaskan survei Algoritma juga meneliti tiga sosok calon presiden (Capres) yang paling potensial hingga kini jelang Pilpres 2024 mendatang yakni sa;ah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Aditya, bursa Capres dan Cawapres hingga kini sangat menarik karena ada rotasi dalam urutan dan juga dinamika nama-nama yang muncul ke level tiga besar bursa tersebut. 

BACA JUGA:Usut Polemik Al Zaytun, Bareskrim Polri dan Kemenkopolhukam 'Turun Gunung': Kami Mendapat Arahan

Berdasarkan survei nasional yang dilakukan Algoritma pada Juni 2023, tiga nama yang masih teratas menempati posisi elektabilitas tertinggi untuk Capres yakni Ganjar Pranowo 29,3 persen, Prabowo Subianto 24,6 persen dan Anies Baswedan 16,9 persen.

“Jika dibandingkan dengan Survei ALgoritma yang dilakukan enam bulan lalu yaitu Desember 2022 ada rotasi pilihan capres yang saat itu angkanya Ganjar Pranowo (25,1 persen), Anies Baswedan (18,7 persen) serta Prabowo Subianto (16,6 persen),” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: