Libur Idul Adha, Kawasan Wisata Lembang Padat Kendaraan Pelat Jabodetabek

Libur Idul Adha, Kawasan Wisata Lembang Padat Kendaraan Pelat Jabodetabek

Jalan raya menuju kawasan wisata Lembang terpantau padat dan ramai di momen libur panjang Idul Adha 2023.-Dok/Ntmcpolri-

BANDUNG, DISWAY.ID-Hari tiga masa libur panjang Idul Adha 1444 H/2023, arus lalulintas di kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih terus mengalami peningkatan volume kendaraan wisatawan, Jumat 30 Juni 2023. 

Memasuki siang hari kepadatan kendaraan dan antrean panjang kendaraan wisatawan menuju Lembang masih terjadi mulai di Jalan Ledeng Kota Bandung.

Tepat di Jalan Cidadap Bandung atau batas kota menuju kawasan objek Wisata Lembang, antrean kendaran pun terlihat mengular hingga dua kilometer (km) bahkan lebih.

BACA JUGA:Long Weekend, Polisi Waspadai Peningkatan Volume di Lembang

Dominasi kendaraan pribadi berpelat nomor Jabodetabek ini pun hanya bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan 5 kilometer hingga 20 kilometer per jam.

Pihak Satlantas Polres Cimahi telah menyiapkan sejumlah anggotanya di titik titik rawan kemacetan guna mengatur dan mengurai kepadatan serta mengarahkan kendaraan untuk melewati jalur alternatif.

“Jajaran Satlantas Polres Cimahi tetap mengantisipasi terkait dengan volume kendaraan yang mengarah ke Lembang ataupun arah sebaliknya.Kita juga telah menyiapkan sejumlah alternatif dan silahkan untuk warga yang hendak berlibur mengarah ke Lembang untuk melewati jalur Punclut, Kolmas selain jalur utama ini,” ujar KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Dede ditemui di persimpangan Beatrix, Lembang, Jumat 30 Juni siang.

BACA JUGA:Daop 2 Bandung Siapkan 23 Perjalanan KA Jarak Jauh saat Libur Idul Adha 2023, 3 Kota Ini jadi Terfavorit

BACA JUGA:Rasakan Naik Kereta Cepat, Menko Marves Luhut: Nyaman, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit

Adapun cara bertindak (cb) yang akan diterapkan jajaran Satlantas Polres Cimahi dalam melakukan rekayasa arus lalin di saat kondisi padat, berupa pemberlakuan satu arah atau one way tetap menjadi solusi mengurai kemacetan.

“Cb yang akan kami laksanakan apabila terjadi peningkatan volume kendaraan yang akan mengarah ke Lembang atau arah sebaliknya, tentunya kami akan melaksanakan cb one way sepenggal, agar memperlancar lalu lintas dan untuk menghindari penumpukan volume kendaraan di sejumlah titik tertentu,” kata Dede.

Pihaknya memprediksi jika puncak kepadatan kunjungan arus lalu lintas wisatawan yang mendatangi Lembang akan terus terjadi hingga Minggu esok.

“Kemungkinan puncaknya Jumat hari ini, Sabtu atau hari Minggu itu tetap kami antisipasi dan kami pantau terus baik di jalan alteri maupun di jalan tol yang mengarah ke Kota Bandung,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: