PPATK Curiga Ada Indikasi TPPU, Mutasi Rekening Si Kembar Capai Rp 86 Milliar

PPATK Curiga Ada Indikasi TPPU, Mutasi Rekening Si Kembar Capai Rp 86 Milliar

Transaksi di rekening milik 'Si Kembar' diduga mencapai Rp. 86 Miliar sejak 2021 hingga 2023.-Istimewa/Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melihat adanya mutasi rekening dengan nominal fantastis milik si kembar Rihana (RA) dan Rihani (RI), tersangka penipuan iPhone

Atas pemeriksaan rekening tersebut, Si Kembar pun terindikasi terlibat kasus Tindak Pindana Pencucian Uang (TPPU).

BACA JUGA:Rumput JIS Tidak Standar FIFA, Bakal Diganti Baru Seharga Rp 6 Miliar

Kepala Biro Humas PPATK Natsir Kongah mengatakan mutasi rekening si kembar terdapat aliran dana sebesar Rp. 86 Miliar. 

"Masih terus pendalaman sejauh ini nilainya Rp 86 miliar. Terindikasi tindak pidana pencucian uang," ujar Natsir Kongah dalam keterangannya dikonfirmasi, Selasa 4 Juli 2023.

Natsir menjelaskan pihak PPATK juga meminta kepada sejumlah penyedia jasa keuangan (PJK) untuk membekukan sementara rekening si kembar agar tidak terjadi transaksi disaat penyelidikan berlangsung.

BACA JUGA:Teman Dekat, Menjadi Alasan Korban Percaya Si Kembar

"PPATK telah memerintahkan PJK bank untuk melakukan penghentian sementara transaksi pada rekening RA dan RI. Penghentian transaksi dilakukan di rekening RA da RI pada 21 PJK Bank," jelasnya.

Dari penyelidkan yang dilakukan PPATK, ditemukan juga adanya transaksi setoran tunai mencapai setengah miliar kepada pihak ketiga yang dilakukan oleh si kembar, yang diduga merupakan dana hasil penipuan yan dilakukan dua tersangka tersebut. 

"Dari hasil analisis sementara, diketahui RA dan RI melakukan transaksi setoran tunai kepada pihak ketiga sebesar Rp 500 juta yang diduga sumber dananya berasal dari penipuan yang mereka lakukan. Modus transaksi tunai tersebut diindikasikan untuk memutus mata rantai transaksi dan mempersulit pelacakan," tuturnya. 

BACA JUGA:Kepada Polisi, Panji Gumilang Akui Benar Pernyataan Dalam Video yang Beredar, Bareskrim Ungkap Proses Pemeriksaan Pimpinan Al Zaytun

Dalam kasus ini juga Natsir mengatakan pihak PPATK berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk membongkar kasus tersebut. 

"Angka itu merupakan hasil analisis dari PPATK. Kami sudah berkoordinasi dan membantu penegak hukum terkait kasus ini," lanjutnya. 

BACA JUGA:Plt Sekjen Partai NasDem Datangi Sidang Johnny G Plate untuk Beri Dukungan Moril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: