Rocky Gerung Tolak Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya dari Jokowi: 'Apa Pentingnya?'

Rocky Gerung Tolak Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya dari Jokowi: 'Apa Pentingnya?'

Ferdinand Hutahaean bakal datang ke Polda Metro Jaya, hari ini.-Rocky Gerung Official-YouTube Channel

JAKARTA, DISWAY.ID - Pengamat politik, Rocky Gerung secara tegas ogah mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa 'Bintang Mahaputera Nararaya'.

Mantan dosen di Universitas Indonesia (UI) itu justru mempertanyakan Jokowi, apakah ia tak cukup dengan upaya membungkam Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Diketahui keduanya sudah pernah diberi tanda kehormatan yang sama karena kritis terhadap pemerintah pada Agustus 2020 lalu.

BACA JUGA:Mahfud MD Sebut Jokowi Izinkan Menteri Bertemu Rocky Gerung: 'Kalau Era Pak Harto Harus Ikut Memusuhi'

Hal tersebut disampaikan Rocky Gerung dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya pada Jumat, 7 Juli 2023.

"Pasti saya tolak (tanda kehormatan itu)," ungkapnya.

"Apa tidak cukup Fadli Zon dan Fahri Hamzah yang berupaya ditutup mulutnya? Sebetulnya itu juga enggak berhasil kan," kata dia.

Lebih lanjut, Rocky Gerung menilai bahwa sebenarnya tanda kehormatan itu hanya khayalan semata yang tidak terlalu penting.

BACA JUGA:Rocky Gerung Sebut Butet Kartaredjasa 'Dipesan' Buat Jadi Pemuja Jokowi: Budayawan Harusnya Menuntun Aspek Kultural Bangsa

"Jadi sebetulnya penghargaan ini kan dalam imajinasi saja. Apa pentingnya sebetulnya penghargaan itu," papar Rocky.

Menurut Rocky Gerung pada dasarnya tidak boleh ada penghargaan berbau politik yang diberikan kepada individu terentu karena dianggap telah kritis pada pemerintah.

Apalagi, kata Rocky, masyarakat memang punya hak untuk menyampaikan kritikan mereka kepada pemerintah.

Rocky Gerung mengira, padahal Jokowi sudah sepantasnya bisa menjamin agar selalu ada kubu oposisi yang kritis dalam menilai keberlangsungan demokrasi Indonesia dan tak boleh ada kriminalisasi terhadap hal itu.

BACA JUGA:Rocky Gerung Pertanyakan Kredibiltas Lembaga Survei, Babe Ridwan: Saya Lebih Percaya Tukang Sulap Dari Tukang Survei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: