Tol Cisumdawu Dibuka, Jarak Tempuh Bandung ke Bandara Kertajati Kurang dari Satu Jam

Tol Cisumdawu Dibuka, Jarak Tempuh Bandung ke Bandara Kertajati Kurang dari Satu Jam

Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu pada Selasa 11 Juli 2023. -tangkapan layar youtube sekneg-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) di Rancakalong, Kabupaten Sumedang sepanjang 62,60 kilometer pada Selasa 11 Juli 2023.

Dengan dibukanya tol Cisamdawu, akses dari Bandung menuju Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka hanya membutuhkan waktu 1 jam saja. 

"Pak Menteri PU, Pak Gubernur Jawa Barat, dari Bandung ke Kertajati tadi 45 menit, Pak Menteri PU 50 menit. Ya satu jam kira-kira," kata Jokowi saat meresmikan Tol Cisumdawu.

Jokowi memperkirakan, dengan hadirnya tol Cisumdawu, Bandara Kertajati akan menjadi bandara masa depan Indonesia dengan didukung dengan konektivitas yang mumpuni. 

BACA JUGA:Punya Ciri Khas Terowongan Kembar Terpanjang, Inilah Jalan Tol Cisumdawu yang Diresmikan Jokowi

Sebelumya, Bandara terbesar di Jawa Barat ini memang seakan mati suri, namun dengan beroperasinya Tol Cisumdawu ini akan memangkas waktu perjalanan yang cukup signifikan. 

"Ya ini Tol Cisumdawu setelah selesai 61 kilometer ini akan lebih memudahkan nanti operasional dari Bandara Kertajati," ujarnya. 

"Karena memang dulu rencana awal, bandara selesai airport Kertajati selesai, Tol Cisumdawu selesai sehingga ini bisa langsung dioperasikan penuh," sambungnya. 

BACA JUGA:Diresmikan Jokowi, Tarif Tol Cisumdawu Gratis Selama 3 Minggu

Jokowi juga mengungkapkan, bahwa saat ini sudah banyak investor dari banyak negara yang melirik potensi Bandara Kertajati usai beroperasinya Tol Cisumdawu. 

"Dan saya melihat Airport Kertajati yang didukung Tol Cisumdawu ini adalah airport masa depan kita karena banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equity-nya, berpartner di Kertajati, baik untuk mengoperasikan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: