Timnas Putri U-19 Indonesia Kalah Telak 7-1 dari Thailand, Pelatih Salahkan Wasit

Timnas Putri U-19 Indonesia Kalah Telak 7-1 dari Thailand, Pelatih Salahkan Wasit

Timnas Putri U-19 Indonesia Kalah Telak 7-1 dari Thailand, Pelatih Salahkan Wasit-PSSI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Timnas Putri U-19 Indonesia harus terhenti di babak semifinal AFF U-19 Women;s Championship 2023 setelah dikalahkan Thailand dengan skor telak 7-1 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Kamis 13 Juli 2023.

Menanggapi kekalahan tersebut, pelatih timnas Putri U-19 Indonesia, Rudy Eka Priyambada merasa kecewa dengan keputusan wasit Le Thi Ly, asal Vietnam yang memberikan kartu merah terhadap kiper Indonesia, Fani di awal babak pertama.

BACA JUGA:Anwar Ibrahim Pamer Meeting Dengan Elon Musk, Tesla dan SpaceX Segera Mendarat di Malaysia

"Pertandingan tadi, tiga menit kartu merah, tidak nikmat bermainnya, tidak nikmat juga ditonton,” ujar Rudy usai laga.

“Lain kali kalau bisa AFF bisa tidak ambil wasit dari empat semifinalis, tadi wasit dari Vietnam, sekiranya banyak merugikan kita, tapi itulah sepakbola ya, dan juga saya bilang ke pemain kiranya ya sudah kita lupakan hari ini, kita masih ada hari esok," ungkapnya.

"VAR (Video Assistant Referee) mungkin menjadi salah satu solusi ya, mungkin bisa diperbaiki lagi kedepannya, dan juga lebih selektif lagi dalam penugasan wasitnya, sekiranya bisa netral, bukan dari empat semifinalis," tuturnya.

BACA JUGA:Viral Istri Hamil 4 Bulan Babak Belur Dianiaya Suami, Kasusnya Ditangani PPA Polres Tangsel

Bermain dengan 10 pemain, membuat Thailand bisa mencetak gol lebih dahulu. Ini dia malapetaka berikutnya bagi Garuda Pertiwi Muda.

Thawanrat Promthongmee membuka pesta gol Thailand di menit ke-15. Dirinya mencetak hattrick di laga ini, dengan dua golnya lagi di menit ke-31 dan 70'. Anaphon Amanpong mencetak dua gol (29', 47') dan dua gol dari masing-masing dari Chattaya Pratumkul (63') dan Natcha Kaewanta (88). Sementara gol semata wayang Indonesia dicetak oleh Claudia Alexandra Scheunemann di menit ke-24.

Rudy juga mengatakan bahwa konsentrasi pemain pecah usai kehilangan pemain dan mengusulkan adanya kompetisi sepakbola wanita.

BACA JUGA:Rian Mahendra Murka Agen Bus Kenalannya Dipukuli Preman, Ungkap Satu Pantangan: Gak Terima, Satu Helai Rambut Putus

"Bagaimana melawan 11 pemain dengan 10 pemain dan juga bagaimana kita tahu Thailand termasuk dalam tiga negara (bersama Vietnam dan Myanmar) yang semuanya punya liga,” harap Rudy.

“Persiapan mereka juga matang, sedangkan kita persiapan hanya tujuh hari. Saya harap ini menjadi rujukan sepakbola wanita Indonesia kedepannya. Tadi pak Erick bilang tidak akan membedakan sepakbola wanita dengan pria, semoga bisa lebih peduli lagi terhadap sepakbola wanita," tambahnya.

Walau begitu, timnas Putri U-19 Indonesia masih ada kesempatan untuk memperebutkan peringkat ketiga, melawan Myanmar yang kalah 1-2 dari Vietnam di laga semifinal sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: