Jelang Sidang, Kesehatan Lukas Enembe Menurun Hingga Dilarikan ke RSPAD: Dua Hari Tidak Mau Makan

Jelang Sidang, Kesehatan Lukas Enembe Menurun Hingga Dilarikan ke RSPAD: Dua Hari Tidak Mau Makan

Pihak KPK kembali menetapkan dua tersangka baru atas kasus dugaan suap pengerjaan proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua yang menyeret Gubernur non aktif Lukas Enembe. -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe, dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada di Rumah Sakit pada Minggu, 16 Juli 2023.

Padahal, Lukas Enembe diagendakan menjalani sidang atas kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi senilai Rp 46,8 miliar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin, 17 Juli 2023.

"Jadi benar-benar sudah drop kondisi Pak Lukas. Kesehatannya sudah menurun. Sedangkan Senin sudah mulai sidang lagi," kata Petrus dalam keterangannya, Senin, 17 Juli 2023.

BACA JUGA:Formasi Terbaru Menteri dan Wamen Kabinet Jokowi Usai Reshuflle Juli 2023

Ia mengatakan, karena penolakan Lukas tersebut, Jaksa akhirnya meminta tolong kepada dirinya untuk membujuk kliennya agar mau dibawa ke rumah sakit.

Lukas disebut harus segera dilarikan ke RSPAD, karena mual, pusing, dan sudah dua hari tidak mau makan.

"Kondisinya sudah drop, sudah dua hari tidak masuk makanan, karena mual dan mengeluh pusing, serta ketika dibantu diminumkan air putih, Pak Lukas kesulitan menelan air minum. Seperti kesakitan tenggorokannya. Dan saya lihat kakinya mulai bengkak lagi," ujar Petrus. 

Selain itu, Petrus juga mendapat masukan, bahwa Pak Lukas sudah buang air besar dan kecil di atas tempat tidurnya.

BACA JUGA:Budi Arie Setiadi Resmi Jabat Menteri Komunikasi dan Informatika

Ketika Petrus dan adik Lukas, Elius Enembe, datang dan melihat kondisi serta membujuk Pak Lukas untuk mau berobat, baru Pak Lukas mau dibawa ke RSPAD. 

Setelah Lukas bersedia dibawa ke RSPAD, selanjutnya Karutan mengontak dokter KPK agar dibuat Surat Rujukan. 

Lukas Enembe juga disebut sudah buang air besar dan kecil di atas tempat tidurnya. Muntah juga di atas tempat tidur. 

"Saya lihat wajah Pak Lukas sudah sangat pucat, karena saat bertemu Pak Lukas diantar dari kamar tahanan oleh lima tahanan dan menjelaskan kondisi Bapak Lukas, bahwa sudah parah, hanya tiduran saja, tidak makan, minum dua hari, bahkan mereka membersihkan tempat tidurnya karena ngompol dan BAB di tempat tidur," ujar Petrus.

BACA JUGA:Profil Budi Arie Setiadi, Menkominfo Baru yang Ditunjuk Jokowi: Penganyam Dunia Politik dan Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: