Profil Pahala Mansury, Eks Wamen BUMN yang Kini Jadi Partner Retno Marsudi di Kemenlu

Profil Pahala Mansury, Eks Wamen BUMN yang Kini Jadi Partner Retno Marsudi di Kemenlu

Profil Pahala Mansury, Eks Wamen BUMN yang Kini Jadi Wakil Menteri Luar Negeri-Dok. BUMN-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, sebagai Wakil Menteri Luar Negeri di Istana Negara, Senin, 17 Juli 2023.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian sumpah jabatan yang Pahala ucapkan di hadapan Jokowi.

Profil Pahala Mensury

Pahala merupakan lulusan S1 Akutansi Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (UI) tahun 1994. Pahala kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih gelar MBA dari NYU Stern School of Business.

BACA JUGA:Budi Arie Setiadi Resmi Jabat Menteri Komunikasi dan Informatika

Pahala lahir di Bogor, Jawa Barat pada 8 April 1971. Karier profesional Pahala dimulai tahun 1994 ketika ia bergabung dengan konsultan jasa manajemen di luar negeri. Ia berpindah dari satu konsultan ke konsultan lain.

Tahun 2003, Pahala kembali ke Indonesia dan memulai karier di BUMN. Ia berkiprah bersama Bank Mandiri selama 15 tahun, dari 2003 hingga 2017.

Selama di Bank Mandiri, karier Pahala terus menanjak dengan menduduki berbagai posisi strategis. Tahun 2010, ia terpilih sebagai direktur.

BACA JUGA:Formasi Terbaru Menteri dan Wamen Kabinet Jokowi Usai Reshuffle Juli 2023

Awalnya, Pahala menjabat sebagai Direktur Finance and Strategy hingga tahun 2015. Kemudian, ia dipercaya sebagai Direktur Treasury and Market selama 2015–2017.

Pada April 2017, Pahala diangkat menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jabatan ini hanya dipegang selama satu tahun lebih sampai September 2018. Saat itu, ia dipindah tugas menjadi Direktur Keuangan Pertamina sampai November 2019.

Baru satu tahun lebih, Pahala sudah dipindah lagi ke PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN. Lagi-lagi, jabatan itu hanya diembannya setahun lebih sampai Desember 2020.

BACA JUGA:BREAKING! Gempa Bumi Berkekuatan M 6,6 Guncang Argentina Hingga Chile

Pada 23 Desember 2020, Pahala diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN. Ia menggantikan posisi sebelumnya yang diisi oleh Budi Gunadi Sadikin, yang kini sudah menjadi Menteri Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: